[SALAH] Ramuan untuk Membersihkan Paru-paru dari Nikotin dan Tar

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, dokter Spesialis Paru sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto mengatakan bahwa klaim ramuan dari bawang putih untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar tidak benar.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook (https://bit.ly/2Y5ZPva)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/SALAH-Ramuan-untuk-Membersihkan-Paru-paru-dari-Nikotin-dan-Tar.pdf (link arsip sumber)

= = = =

NARASI:

“Ramuan Ini Pembersih Nikotin dan Tar di Paru-paru
Wajib Bagi Para Perokok
Bahan- bahan : bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.
Caranya:

  1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.
  2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.
  3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkan
    ampasnya.Baru campur madunya
  5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.
    Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.
    Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui halaman Facebook Bunda Cerdas.id yang mengatakan bahwa terdapat ramuan yang berbahan dasar bawang putih dapat membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar. Narasi tersebut juga menunjukkan bagaimana cara membuat ramuan tersebut dan aturan minumnya.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Kompas, dokter Spesialis Paru sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto mengatakan bahwa klaim ramuan dari bawang putih untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar tidak benar. Ia juga mengatakan bahwa cara untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar adalah dengan berhenti merokok. Jika seseorang tetap merokok setiap hari, maka paru-paru akan kotor oleh nikotin dan tar meskipun ramuan tersebut dikonsumsi setiap hari. Sehingga cara untuk membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar adalah menghentikan penggunaan rokok.

Dengan demikian, narasi yang diunggah pada halaman Facebook Bunda Cerdas.id tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/27/102900565/hoaks-ramuan-bawang-putih-bisa-bersihkan-paru-paru-dari-nikotin-dan-tar?page=all
  2. https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4669363/cek-fakta-tidak-benar-ramuan-ini-bisa-bersihkan-paru-paru-perokok

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Ramuan untuk Membersihkan Paru-paru dari Nikotin dan Tar appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.