[SALAH] Rapid Test Device Berlabel Positif dan Negatif Sudah Dimuat Virus

by -70 views

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya, makna label positif dan negatif pada kemasan Rapid Test Device tersebut untuk memastikan reagen dalam sampel pengujian dilakukan dengan benar, bukan bermakna sebagai hasil dari tes Covid-19.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://bit.ly/3lks2Hb

Arsip Sumber
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/11/SALAH-Rapid-Test-Device-Berlabel-Positif-dan-Negatif-Sudah-Dimuat-Virus.pdf

= = =
Narasi:
“Anything to promote the narrative of fear. Anything. Why are there positive and negative testing sticks? To keep the numbers pumped? To push the narrative?.. Can anyone explain this??? Why are there positive and negative test kits? And why does the positive test show that it’s a biohazard? Is the test preloaded with the virus?”
Terjemahan:
“Apa pun untuk mempromosikan narasi ketakutan. Apa saja. Mengapa ada tongkat pengujian positif dan negatif? Untuk menjaga nomor-nomornya tetap dipompa? Untuk mendorong narasi?.. Ada yang bisa menjelaskan ini??? Mengapa ada alat tes positif dan negatif? Dan mengapa tes positif menunjukkan bahwa itu adalah biohazard? Apakah tes sudah dimuat dengan virus?”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah informasi di Facebook yang menunjukkan foto kemasan alat rapid test Abott berlabel positif-negatif. Alat pada gambar tersebut juga diklaim telah dimuat virus sehingga pada label sudah dipastikan hasil test-nya. Video tersebut diunggah oleh Gretchen Caudell.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, label pada kemasan alat test tersebut untuk memastikan reagen dalam sampel pengujian dilakukan dengan benar, bukan berarti hasil positif atau negatif tes Covid-19. Kemudian, dilansir dari Reuters.com, alat test pada unggahan tersebut merupakan jenis Panbio Covid-19 Ag.

Mengutip dari Medcom.id, yang dimaksud dengan kontrol positif dan negatif secara khusus diformulasikan dan dibuat untuk memastikan kinerja Panbio Covid-19 Ag Rapid Test Device dan digunakan untuk memverifikasi kemampuan pengguna dalam melakukan pengujian dan menginterpretasikan hasilnya dengan benar.

Dengan demikian klaim Rapid Test Device Sudah Berlabel Positif dan Negatif Sudah Dimuat Virus, dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-antigen-control-idUSKCN2AV2KR
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0k849G2k-cek-fakta-foto-alat-tes-covid-19-sudah-berlabel-positif-begini-faktanya

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Rapid Test Device Berlabel Positif dan Negatif Sudah Dimuat Virus appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.