[SALAH] Salah Satu Pemain Menggunakan Doping, Timnas Thailand Didiskualifikasi dari Piala AFF

by -19 views

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya informasi tersebut keliru. Timnas Thailand tidak didiskualifikasi dan laga leg 1 tidak diulang.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.fo/zfiTn
https://m.facebook.com/groups/1225478081298249/permalink/1276767229502667/

=====
[NARASI]:

“Hello buat pendukung timnas Indonesia ini kabar gembira karena final piala AFF di ulang kembali karena timnas Thailand kedapatan doping …. Mari kita sungguh sungguh berdoa buat timnas Indonesia kita …..  🇮🇩😢😢😢😢

=====
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah narasi di media sosial Facebook dengan klaim yang menyebutkan bahwa Thailand telah didiskualifikasi dari kejuaraan Piala AFF karena salah satu pemain diketahui memakai doping. Dalam narasi ini pun dikatakan bahwa Indonesia kembali memiliki kesempatan bertanding karena laga leg 1 akan diulang. Unggahan oleh akun grup Facebook INFO TIMNAS INDONESIA 2022 ini menampilkan pula hasil tangkapan layar dari sebuah aku Youtube dengan klaim yang sama.

Namun setelah melakukan penelusuran, diketahui informasi tentang didiskualifikasi Thailand dari kejuaraan Piala AFF adalah informasi keliru. Melansir dari website resmi Piala AFF, affsuzukicup.com tidak ditemukan informasi terkait dengan diskualifikasi tim dari Thailand atau pemberitahuan tentang laga leg 1 yang akan diulang.

Terkait doping, Thailand dan Indonesia memang sedang mendapat sanksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA). Namun hal itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan partisipasi mereka di Piala AFF 2020.

Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyatakan bahwa Timnas Thailand didiskualifikasi dari kejuaraan piala AFF dan laga leg 1 akan diulang merupakan informasi hoaks kategori misleading content atau kontent menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.affsuzukicup.com/2020/

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4848281/cek-fakta-tidak-benar-thailand-didiskualifikasi-dari-piala-aff-2020-karena-pemainnya-memakai-doping

=====
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.