[SALAH] Sampul Koran Tempo Berjudul “Babak-Belur di Ronde Kedua”

by -13 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Hasil editan. Sampul aslinya berjudul “Babak-belur di Tahun Pertama”. Artikel tersebut pertama kali diterbitkan pada 26 Oktober 2015, edisi no. 5075.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

====

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

====

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/inFkI

====

NARASI:

Bentar lg ko

“KORAN TEMPO

BABAK-BELUR RONDE KE DUA”

====

PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun Imam Ghozali yang membagikan gambar sampul depan koran Tempo berjudul “BABAK-BELUR RONDE KE DUA”. Terlihat pula foto Presiden Jokowi dengan posisi duduk serta tidak mengenakan masker.

Setelah dilakukan penelusuran, sampul koran Tempo yang berjudul “BABAK BELUR RONDE KE DUA” adalah hasil editan. Judul aslinya yakni “Babak-belur di Tahun Pertama”, selain itu gambar angka 2 disebelahnya juga hasil editan, gambar aslinya bernomor 1.

Dilansir dari laman resmi Tempo, sampul artikel yang berjudul “Babak-belur di Tahun Pertama” pertama kali diterbitkan pada 26 Oktober 2015, edisi no. 5075. Sebagaimana judulnya, artikel tersebut menyoroti persoalan multi sektor yang dihadapi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla pada tahun pertama masa pemerintahannya, setelah kemenangan Pilpres 2014 silam.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa sampul koran Tempo berjudul “BABAK-BELUR DI RONDE KE DUA” adalah editan dan termasuk hoaks kategori Konten yang Dimanipulasi.

====

REFERENSI:

https://koran.tempo.co/…/babak-belur-di-tahun-pertama

https://www.medcom.id/…/ObzZDLZb-cek-fakta-foto-sampul…

====

Penulis: Ani Nur MR

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Sampul Koran Tempo Berjudul “Babak-Belur di Ronde Kedua” appeared first on TurnBackHoax.