[SALAH] Sampul Majalah Tempo Berjudul “Di Caci Tidak Tumbang Di Puji Tambah Ngutang Janji Tinggal Janji”

by -16 views

Gambar dan teks yang sudah disunting atau diedit. Judul asli dari majalah tempo tersebut adalah “Janji Tinggal Janji” edisi 14 September 2019 dan foto yang digunakan adalah foto karikatur Presiden Jokowi dengan bayangan hidung panjang.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: https://archive.fo/WLcEf

======

[NARASI]:

“LAGI PIRAL”

======

[PENJELASAN]:

Akun Facebook bernama Roehiyat Hidayat mengunggah sebuah gambar berupa sampul majalah Tempo yang memperlihatkan sosok seseorang yang mirip dengan Jokowi disertai judul “Di Caci Tidak Tumbang Di Puji Tambah Ngutang Janji Tinggal Janji”.

Berdasarkan hasil penelusuran, gambar sampul beserta judul majalah tersebut sudah disunting atau diedit. Menggunakan mesin pencari Yandex, ditemukan artikel asli majalah Tempo edisi 14 September 2019. Dalam sampul asli majalah Tempo, terlihat foto yang digunakan adalah karikatur Jokowi dengan bayangan hidung panjang.

Sementara itu, judul asli dari sampul majalah tersebut adalah “Janji Tinggal janji”. Kemudian foto hoaks yang digunakan sebagai sampul yang telah dimanipulasi tersebut diambil dari pemberitaan medcom.id pada 21 Oktober 2014 berjudul “Jokowi Kw Sambut Presiden RI ke-7”.

======

REFERENSI:

https://majalah.tempo.co/edisi/2451/2019-09-14

https://www.medcom.id/foto/news/yNLq2M2b-jokowi-kw-sambut-presiden-ri-ke-7

No More Posts Available.

No more pages to load.