[SALAH] “SBY: Jika Demokrat dipercaya lagi menjalankan pemerintahan, Saya janji Indonesia akan kami jadikan Negara Maju”

by -31 views

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Pernyataan yang mengutip SBY tersebut salah, faktanya tidak ditemukan sumber yang kredibel bahwa SBY pernah mengatakan demikian. Tangkapan layar yang dibagikan akun Facebook Eben Haezer tersebut adalah tangkapan layar salah satu blogspot yang diunggah pada 2017 silam.

= = =
Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =
Sumber: Facebook
https://archive.md/dxtYW

= = =
Narasi:
“BIKIN MAJU BELUM ADA BUKTINYA, KALAU MANGKRAK MAH IYA.KORUPSINYA NAMBAH 😂

“SBY: Jika Demokrat dipercaya lagi menjalankan pemerintahan, Saya janji Indonesia akan kami jadikan Negara Maju”

= = =
Penjelasan:

Akun Facebook Eben Haezer membagikan status dengan gambar tangkapan layar sebuah Blogspot pada 17 April 2021 yang berjudul “SBY: Jika Demokrat dipercaya lagi menjalankan pemerintahan, Saya janji Indonesia akan kami jadikan Negara Maju”. Eben Haezer menambahkan pada statusnya narasi yang berisikan “BIKIN MAJU BELUM ADA BUKTINYA, KALAU MANGKRAK MAH IYA.KORUPSINYA NAMBAH 😂”.

Setelah ditelusuri, klaim SBY menyatakan janji Indonesia akan maju jika Partai Demokrat menjalankan pemerintahan adalah salah.

Faktanya tidak ada sumber kredibel yang memberitakan SBY menyatakan janji tersebut selain dari laman Blogspot parbengkeldoau.blogspot.com. Selain itu, tulisan tersebut diunggah di blogspot pada tahun 2017 silam.

Tulisan blogspot tersebut membahas mengenai pidato sambutan SBY dalam rangka HUT ke-16 Partai Demokrat.

Setelah ditelusuri, draft naskah Pidato SBY dalam sambutkan HUT ke-16 Partai Demokrat pernah dimuat dalam press release di laman resmi demokrat, demokrat.or.id.

Dalam draft naskah pidato tersebut tidak ditemukan pernyataan janji SBY yang mengatakan akan membuat “Indonesia Maju jika Demokrat dipercaya kembali menjalankan pemerintahan”. Naskah hanya berisikan sejarah Demokrat dari masa ke masa dan serangkaian harapan di Ulang Tahun Partai Demokrat yang ke-16.

Dengan demikian klaim janji SBY tersebut adalah hoax dengan kategori konten yang menyesatkan.

= = =
Referensi:
https://www.demokrat.or.id/pidato-sby-pada-hut-ke-16-partai-demokrat/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/1bV2M0Qb-cek-fakta-sby-saya-janji-indonesia-akan-kami-jadikan-negara-maju-ini-faktanya

===
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] “SBY: Jika Demokrat dipercaya lagi menjalankan pemerintahan, Saya janji Indonesia akan kami jadikan Negara Maju” appeared first on TurnBackHoax.