[SALAH] Selebgram Rio Ramadhan Meninggal Dunia

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, ibu dari Rio Ramadhan menyatakan bahwa pada saat ini kondisi anaknya dalam baik-baik saja.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: Instagram
archive.ph/Voj6t

===

Narasi:
“Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun
Turut berduka cita yang sedalam dalamnya
Semoga amal ibadah almarhum diterima disisiNya
Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran”.

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi terkait meninggalnya salah satu selebgram asal Indonesia bernama Rio Ramadhan yang tersebar di berbagai platform media sosial, salah satunya ialah akun Instagram bernama @gossipnesia. Akun tersebut mengunggah foto dan juga video yang menjelaskan tentang menninggalnya Rio Ramadhan dengan disertai ucapan turut berduka cita yang tertera pada caption unggahan akun tersebut.

Namun melansir dari kompas.com, ibu dari Rio Ramadhan menegaskan bahwa kondisi anaknya pada saat ini dalam keadaan baik-baik saja. Selain itu, melansir dari akun Instagram pribadi Rio Ramadhan, @rioramadhan, pada tanggal 02 Januari 2022, ia juga telah membuat klarifikasi melalui story Instagramnya terkait dengan informasi yang beredar. Ia menjelaskan bahwa kondisinya pada saat ini masih dalam keadaan sehat serta ia juga menambahkan bahwa akun Instagram miliknya telah diretas oleh seseorang, tetapi pada saat ini akun Instagram miliknya sudah bisa diakses kembali olehnya.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait selebgram Rio Ramadhan meninggal dunia ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://www.kompas.com/hype/read/2022/01/02/103208366/hoaks-rio-ramadhan-dikabarkan-meninggal-dunia
https://archive.ph/3reFw

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.