[SALAH] Seorang Astronot Menjadi Lebih Muda 28 Detik dari Saudara Kembarnya setelah 2 Tahun di Luar Angkasa

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, astronot Scott Kelly hanya berada di luar angkasa selama 1 tahun. Selain itu, selisih perbedaan waktu selama setahun di ISS hanya sebesar 0,005 detik, bukan 28 detik.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://s.id/HPaUC

= = = = =

NARASI:

“Ini teorinya Einstein hukum relativitas. Semakin cepat kita bergerak, semakin lambat kita menua.

ISS yang ditumpangi sang astronot diketahui mengorbit dengan kecepatan sekitar 27.000 km/jam terhadap permukaan bumi. Dalam teori relativitas Einstein dikenal sebagai paradoks kembar, waktu akan berjalan 28 detik lebih lambat bagi Scott dibandingkan bagi saudara kembarnya, Mark, yang tinggal di bumi.”

NARASI DALAM GAMBAR:

“Setelah menghabiskan waktu Selama 2 tahun di luar angkasa, seorang astronot NASA menjadi lebih muda dan tinggi dari saudara kembar identiknya”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Muhammad Zayn Ibra” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100068468722148) dalam forum “Good people” (https://www.facebook.com/groups/944884276271597/?ref=share) mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa seorang astronot asal Amerika Serikat menjadi lebih muda 28 detik dari kembarannya yang tinggal di bumi setelah tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) milik NASA selama 2 tahun.

Berdasarkan hasil penelusuran, astronot Scott Kelly hanya berada di luar angkasa selama 1 tahun, yaitu pada 27 Maret 2015 hingga 1 Maret 2016. Proyek tersebut merupakan bagian dari “NASA Twins Study” atau “Penelitian Kembar oleh NASA”.

Lebih lanjut, ISS bergerak dengan kecepatan 17.500 mil/jam, atau 28.160 km/jam, yang jauh lebih lambat dari kecepatan relativitas cahaya. Hal ini menyebabkan selisih perbedaan waktu selama yang dialami oleh Scott dan kembarannya Mark adalah sangat kecil, yaitu hanya sebesar 0,005 detik, bukan 28 detik.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Muhammad Zayn Ibra” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.space.com/33411-astronaut-scott-kelly-relativity-twin-brother-ages.html

https://theconversation.com/does-a-year-in-space-make-you-older-or-younger-111812

https://www.smithsonianmag.com/science-nature/nasas-twins-study-creates-portrait-human-body-after-year-space-180971945/

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Seorang Astronot Menjadi Lebih Muda 28 Detik dari Saudara Kembarnya setelah 2 Tahun di Luar Angkasa appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.