[SALAH] SMS Hadiah 150 juta dari Pertamina

by -40 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Hal tersebut merupakan hoaks. Faktanya, narasi tersebut merupakan hoaks lama yang dimodifikasi, sementara informasi resmi Pertamina bisa diakses melalui https://mypertamina.id/.
Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =
SUMBER: SMS

= = = = =

NARASI:
“SIM CARD Anda
Mendapatkan Rp150jt
Dri pertamina
PIN 385FU27
U/INFO kunjungi
bit[dot]ly/infoper-tamina699″
= = = = =

PENJELASAN:
Beredar SMS pemberian hadiah sebesar 150 juta yang mengatasnamakan Pertamina. Dalam SMS tersebut juga terdapat PIN serta link.

Setelah ditelusuri pada Instagram resmi Pertamina ditemukan narasi hoaks yang serupa yaitu memberikan hadiah uang dan disertai link. Dalam postingan tersebut juga ditemukan informasi resmi Pertamina hanya ada di https://mypertamina.id/.

Melansir dari website resmi Pertamina yaitu https://www.pertamina.com/id terdapat infomasi bahwa Pertamina tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melaui e-mail/sms.

“Pemberian hadiah dan uang sering diterima melalui pesan singkat dan/atau e-mail yang mengaku dari PERTAMINA, Indonesia, yang menyatakan bahwa penerima pesan tersebut telah memenangkan promo undian berhadiah dan program sejenis yang dikeluarkan PT PERTAMINA (PERSERO), dan meminta kepada yang bersangkutan untuk mengirimkan uang agar mendapatkan hadiah tersebut. Mohon diketahui bahwa PT PERTAMINA (PERSERO) tidak terlibat dalam undian atau pemberian hibah melalui e-mail/sms.” mengutip dari website resmi Pertamina.

Dengan demikian SMS hadiah 150 juta dari Pertamina yang menyertakan link di dalamnya merupakan hoaks. Hoaks tersebut merupakan hoaks lama yang dimodifikasi, sehingga masuk dalam konten palsu. Sementara informasi resmi Pertamina bisa diakses di https://mypertamina.id.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE3ODU2OTI5OTQ3NzU3Njk1

https://www.pertamina.com/id/waspada-penipuan

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] SMS Hadiah 150 juta dari Pertamina appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.