[SALAH] Surat Permintaan Data Pensiunan PNS dan ASN untuk Program Wirausaha Pintar Tahun 2020/2021

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR (Universitas Airlangga).

Surat Palsu. Melalui akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (@BKNgoid) mengklarifikasi bahwa surat permintaan pengisian data pensiunan PNS dan ASN untuk program wirausaha pintar adalah HOAX.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konten Tiruan

=====

SUMBER: Sebuah surat elektronik

=====

NARASI:

Jakarta, 27 Agustus 2021
No Sifat Lamp Hal
2375/C2/1.K/2021 Penting : 1 (satu) Berkas. Permintaan Data Pensiunan PNS dan ASN Pre Program Wirausaha Pintar TA 2020/2021

Kepada Yang terhormat,

  1. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan
    Koprasi.Kab/Kota dan Provinsi (Instansi Terkait)
    Di Seluruh indonesia

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Pemerintah Republik Indonesia (Ri) di Bidang Kewirausahaan Kementrian Koprasi dan UKM dan Badan Kepegawaian Negara di Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat Negara melalui Program Wirausaha Pintar berusaha meningkatkan Kesejahteraan para Aparat Sipil Negara (ASN) dan Pensiunan PNS, Program tersebut, harus bersifat Transparan, Akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan baik Penyalurannya maupun penggunaannya.

=====

PENJELASAN:

Beredar surat elektronik mengatasnamakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam surat tersebut menginformasikan adanya permintaan data bagi pensiunan PNS dan ASN untuk program wirausaha pintar TA 2020/2021 yang diadakan BKN. Pengisian data diberikan pada lampiran kedua surat elektronik tersebut. Adapun nantinya lampiran yang telah diisikan data lengkap dikirimkan melalui alamat email badankepegawaian@bk.ru, paling lambat 17 September 2021.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, surat elektronik perihal meminta data ASN dan pensiunan PNS untuk program wirausaha pintar adalah HOAX. Melalui akun Twitter resmi BKN yakni @BKNgoid, mengklarifikasi bahwa surat elektronik tersebut adalah hoax.

“#SobatBKN, Telah beredar surat permintaan data pensiunan PNS dan ASN program wirausaha pintar TA 2020/2021 mengatasnamakan BKN. hati-hati HOAX. Hati-hati Penipuan.”

Adapun saat ini, BKN belum mengumumkan secara resmi adanya program wirausaha pintar bagi pensiunan PNS maupun ASN.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa surat permintaan pengisian data pensiunan PNS dan ASN untuk program wirausaha pintar adalah HOAX dan termasuk kategori Konten Tiruan.

=====

REFERENSI:

https://mobile.twitter.com/BKNgoid/status/1438053297575763968

https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-surat-permintaan-data-pensiunan-pns-dan-asn-dari-bkn.html

=====

NARASI LANJUTAN:

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Ri bersumber pada UU No.11 Thn.1992 lentang Dana Pensiun dan UU No.11 Thn.1969 tentang ang Pensiun PNS (pegawai negeri sipil) dan Pensiun Janda/Duda Pegawai Tentang Petunjuk Program Wirausaha Pintar Tahun Anggaran 2020/2021. Dipandang penting untuk membuat Persyaratan dan ketentuan dalam pemberian bantuan sebagaimana (format teriampir).

Adapaun Persyaratan Penyaluran dan Pengunaan Anggaran Program Wirausaha Pintar tersebut akan dijadikan Bahan Evaluasi di
Kementrian Koprasi dan UKM dan Badan Kepegawaian Negara di Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat dengan ketentuan Sbb

  1. Data ASN dan Pensiunan Pegawai/Ahli Waris yang di Butuhkan mulai dari Tahun 2019 s/d 2021 untuk masing-masing Satuan unik kerja.
  2. Kelengkapan Data ASN dan Pensiunan PegawaiAhli Waris Wajib dilengkapi sesuai dengan Format dibavah (Lampiran 2).
  3. Data ASN dan Pensiunan Pegawai/Ahli Waris, Di kirim melalui Via e mail Direktorat Pensiun PNS dan Pejabat Negara :
    badankepegawaian@bk.ru Data ASN dan Pensiunan Pegawai Ahli Waris Paling lambat kami terima, Tanggal, 17 September 2021, sesuai dengan ketentuan (format terlampir),-

Atas perhatian dan kerjasama saudara/i, Kami ucapkan terima kasih,-
Tanggal, 27 Agustus 2021

Direktur

Sri Widayanti, SH
NIP: 19670423 199303 2001
Tembusan
Kementan Koprasi dan UKM

  1. Kementrian Kewangan
  2. Badan Kepegawaian Negara. Kepala Pusat Data dan Statistik.

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Surat Permintaan Data Pensiunan PNS dan ASN untuk Program Wirausaha Pintar Tahun 2020/2021 appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.