[SALAH] Terlalu Banyak Meminum Air Berbahaya bagi Tubuh

by -18 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Terlalu banyak minum air tidak membuat ginjal kesulitan mencerna air dalam jumlah banyak, namun dapat membuat keracunan air atau water intoxication yang dapat menurunkan fungsi kognitif.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Instagram (https://bit.ly/3ARqhqz)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/SALAH-Terlalu-Banyak-Meminum-Air-Berbahaya-bagi-Tubuh.pdf (link arsip sumber)

= = = =

NARASI:

(Narasi diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia)

“Meminum air dalam jumlah banyak dapat membahayakanmu karena ginjalmu tidak dapat memproses air dalam jumlah yang banyak. Dan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa Meminum 8 gelas air setiap hari memiliki manfaat bagi kesehatan.”

(Narasi asli dalam gambar dan narasi teks dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi oleh akun Instagram beautyremedies._ yang mengatakan bahwa meminum air terlalu banyak dapat membahayakan bagi tubuh karena ginjal tidak dapat mencerna air dalam jumlah yang banyak. Unggahan dalam narasi tersebut juga mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa meminum air sebanyak delapan gelas dalam satu hari bermanfaat bagi tubuh.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Meminum air dalam jumlah banyak tidak membuat ginjal kesulitan dalam mencerna air, namun dapat menyebabkan keracunan air atau water intoxication. Melansir dari laman Hellosehat, meminum air dalam jumlah yang terlalu banyak akan menyebabkan keracunan air atau overhidrasi yang dapat mengarahkan pada penurunan fungsi kognitif, seperti merasa kebingungan, kesulitan berpikir dan mengalami disorientasi.

Di samping itu, meminum air sebanyak delapan gelas dalam satu hari bukanlah tidak memiliki bukti ilmiah yang membuktikan bermanfaat bagi kesehatan, melainkan takaran tersebut tidak bisa dianggap sama untuk semua orang. Melansir dari laman berita Detik, takaran dalam meminum air mineral bergantung pada faktor usia, iklim, intensitas olahraga, penyakit, kehamilan dan kondisi menyusui. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Meminum Air Berlebihan Berbahaya Bagi Tubuh Karena Ginjal Tidak Dapat Memproses Air dalam Jumlah yang Banyak” dan “[SALAH] Tidak Ada Bukti Ilmiah Minum Air Mineral 8 Gelas Bermanfaat bagi Tubuh”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram beautyremedies._ tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://turnbackhoax.id/2021/06/11/salah-meminum-air-berlebihan-berbahaya-bagi-tubuh-karena-ginjal-tidak-dapat-memproses-air-dalam-jumlah-yang-banyak/
  2. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4715308/tidak-harus-selalu-minum-8-gelas-tiap-hari-ini-5-aturan-minum-air-putih/6/#news
  3. https://turnbackhoax.id/2021/04/17/salah-tidak-ada-bukti-ilmiah-minum-air-mineral-8-gelas-bermanfaat-bagi-tubuh/
  4. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/apakah-minum-terlalu-banyak-air-bisa-berbahaya/

= = = =

(narasi asli)

“HEALTH TIP
Drinking too much water can be dangerous to you because your kidneys can’t get rid of the excess water. And there is no scientific proof that Drink 8 glasses of water every day has any health benefits.”

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Terlalu Banyak Meminum Air Berbahaya bagi Tubuh appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.