[SALAH] Toyota Bagikan 1000 Jam Tangan Pintar dan Smartphones dalam Rangka Perayaan Ulang Tahun Toyota yang Ke-100

by -22 views

Hasil periksa fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta)

Informasi terkait pesan berantai tersebut adalah informasi palsu. Faktanya, melansir dari m.liputan6.com Interactive Communication Dept. Head Toyota Astra Motor menyatakan bahwa pesan berantai yang mengatasnamakan Toyota itu ialah HOAX.

Selengkapnya di bagian penjelasan

===

Kategori : Konten Palsu

===

Sumber : Pesan Berantai

Narasi :

“100th anniversary celebration. Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smart watches and mobile devices. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!”

===
Penjelasan :
Beberapa waktu lalu, sempat beredar pesan berantai yang menyertakan sebuah link dengan mengatasnamakan Toyota terkait pemberian hadiah dalam rangka memperingati perayaan ulang tahun Toyota yang ke-100.

Berdasarkan hasil penelusuran terhadap kebenaran pesan berantai tersebut, ditemukanlah sebuah fakta bahwa informasi mengenai pemberian hadiah dari Toyota ialah informasi palsu.

Dilansir dari cnnindonesia.com Direktur Marketing Toyota Astra Motor menyatakan bahwa terdapat kejanggalan pada isi tautan yang beredar lewat pesan berantai tersebut. Sebab dalam tautan yang telah beredar, dinyatakan bahwa pembagian hadiah dilakukan dalam rangka perayaan ulang tahun Toyota yang ke-100 tahun, namun faktanya Toyota baru menginjak usia 50 tahun.

Selain itu, dilansir dari m.liputan6.com Interactive Communication Dept. Head Toyota Astra Motor mengimbau kepada masyarakat untuk waspada serta jangan mudah mengakses tautan atau link yang tidak jelas dengan mengatasnamakan Toyota, sebab informasi resmi terkait Toyota akan secara langsung disampaikan melalui website resmi serta berbagai akun media sosial Toyota yang sudah terverifikasi.

Berdasar pada seluruh referensi, informasi terkait Toyota bagikan 1000 jam tangan pintar dan smartphone dalam rangka perayaan ulang tahun ke-100 adalah hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu.

===

Referensi :

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4533908/cek-fakta-hoaks-pesan-berantai-janjikan-hadiah-rayakan-ulang-tahun-ke-100-toyota

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210405131832-384-626087/toyota-indonesia-bantah-buat-situs-berhadiah-1000-jam-tangan

===

Penulis : Novita Kusuma Wardhani
Editor : Bentang Febrylian

The post [SALAH] Toyota Bagikan 1000 Jam Tangan Pintar dan Smartphones dalam Rangka Perayaan Ulang Tahun Toyota yang Ke-100 appeared first on TurnBackHoax.

No More Posts Available.

No more pages to load.