[SALAH] Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak karena Vaksin

by -18 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Liputan6, Direktur Utama Rumah Sakit tempat Tukul dirawat yakni Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), Mursyid Bustami mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa pendarahan otak dapat diakibatkan oleh vaksin, termasuk vaksin Covid-19.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Facebook (https://bit.ly/3zODqzd)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/09/SALAH-Tukul-Arwana-Alami-Pendarahan-Otak-karena-Vaksin.pdf (link arsip sumber)

= = = =

NARASI:

“Lekas sembuh om tukul ,,sakit setelah vaksin,,tapi media mediA tidak akan mengaitkan dengan vaksin ,, karna vaksin tak akan pernah salah dimata pemuja kopit😅😅

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi yang diunggah oleh akun Facebook Ryandi Saputra yang mengatakan bahwa Pendarahan Otak yang dialami oleh Tukul Arwana disebabkan karena vaksin Covid-19. Unggahan tersebut juga mencantumkan sebuah foto yang menunjukkan bahwa Tukul Arwana sedang disuntik vaksin Covid-19.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman berita Liputan6, Direktur Utama Rumah Sakit tempat Tukul dirawat yakni Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON), Mursyid Bustami mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa pendarahan otak dapat diakibatkan oleh vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Dalam klarifikasinya, ia menegaskan bahwa tidak ada hubungannya stroke pendarahan dengan vaksin Covid-19 dan apapun jenis vaksinnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa pendarahan otak yang dialami oleh Tukul tidak disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook Ryandi Saputra tidak sesuai fakta dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:

  1. https://www.liputan6.com/tv/read/4667647/video-dirut-rs-pon-bantah-isu-tukul-arwana-alami-pendarahan-otak-karena-vaksin-covid-19
  2. https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/26/103200065/-hoaks-tukul-arwana-pendarahan-otak-karena-vaksinasi-covid-19?page=all

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak karena Vaksin appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.