[SALAH] Tukul Arwana Meninggal Dunia

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Ega Prayudi, anak Tukul Arwana menegaskan bahwa kondisi Tukul Arwana pada saat ini dalam keadaan stabil setelah menjalani operasi pada tanggal 22 September 2021 lalu.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Koneksi yang Salah

===

Sumber: Youtube
https://archive.ph/xRyhy

===

Narasi:
“Innalilahi.!! Akibat Pendarahan Di Otaknya TUKUL ARWANA Semoga Tenang Di Sana”

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu Channel Youtube bernama mata seleb membagikan sebuah video dengan narasi yang menjelaskan tentang ucapan turut berduka cita atas meninggalnya Tukul Arwana. Pada foto thumbnail video tersebut pula dimuat sebuah foto tentang proses pengantaran sebuah jenazah dalam keranda yang hendak dimakamkan, sehingga menimbulkan persepsi atas kebenaran informasi yang disampaikan dalam narasi video.

Namun setelah video tersebut diputar, tidak ada informasi yang disampaikan terkait meninggalnya Tukul Arwana. Karena informasi yang disampaikan ialah tentang permintaan doa kepada masyarakat umum yang disampaikan oleh beberapa rekan kerjanya melalui media sosial untuk kesembuhan Tukul Arwana, karena pada saat ini Tukul Arwana sedang dalam keadaan sakit.

Lalu terkait dengan kondisi Tukul saat ini. Melansir dari jawapos.com, manager Tukul, yaitu Kimon, membenarkan informasi terkait Tukul yang dilarikan ke rumah sakit karena pendarahan otak. Ia menyatakan bahwa Tukul dibawa ke rumah sakit setelah mengeluh sakit dan pusing dikepalanya dan setelah diperiksa, dokter menyatakan bahwa Tukul mengalami pendarahan otak. Tetapi ia juga menegaskan bahwa sampai saat ini Kimon belum bisa menjelaskan secara detail tentang penyakit apa yang sedang diderita oleh Tukul, karena ia pun belum mendapatkan konfirmasi yang jelas dari dokter yang menangani Tukul.

Selain itu, melansir dari kompas.com, Ega Prayudi, anak Tukul Arwana, menjelaskan bahwa kondisi ayahnya pada saat ini sudah mulai stabil dan menunjukan perkembangan yang positif setelah menjalani operasi pada tanggal 22 September 2021 lalu, walaupun pada saat ini Tukul masih harus menjalani perawatan intensif. Ega juga menjelaskan bahwa, Tukul masih harus menunggu peredaan atas pembengkakan di kepalanya setelah operasi dan setelah itu Tukul sudah bisa melakukan pemulihan.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait meninggalnya Tukul Arwana ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/26/140000465/tidak-benar-video-viral-sebut-tukul-arwana-meninggal-dunia?page=all

https://www.jawapos.com/entertainment/infotainment/26/09/2021/kabar-tukul-arwana-meninggal-dipastikan-hoax-masih-di-ruang-icu/?page=all

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Tukul Arwana Meninggal Dunia appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.