[SALAH] Tunggul Pohon Silicon Raksasa Yang Ada Ribuan Tahun Lalu

by -20 views

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Informasi tersebut keliru. Faktanya gambar yang dibagikan tersebut bukanlah bekas sebuah pohon raksasa yang telah ditebang, melainkan merupakan gunung dari beberapa daerah yang berbeda.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/0gMdc

= = =
Narasi:
“WHO CUT THEM AND WHY? Thousands of years ago there were giant trees of Silicon whose remains are found in different parts of the planet. Looking at the trunk of these large petrified trees, we can imagine how large these “mother trees” were; They had all the knowledge and wisdom on the planet that they in turn transmitted to men and animals. Silicon is known to be a great conductor of sound and electricity and trees are power generators capable of exchanging data through their roots to all trees.”

Terjemahan:
“SIAPA YANG MEMOTONGNYA DAN MENGAPA? Ribuan tahun yang lalu ada pohon silikon raksasa yang sisa-sisanya ditemukan di berbagai bagian planet ini. Melihat batang pohon besar yang membatu ini, kita dapat membayangkan betapa besar “pohon induk” ini; Mereka memiliki semua pengetahuan dan kebijaksanaan di planet ini yang pada gilirannya mereka wariskan kepada manusia dan hewan. Silikon dikenal sebagai konduktor suara dan listrik yang hebat dan pohon adalah pembangkit listrik yang mampu bertukar data melalui akarnya ke semua pohon. “

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah gambar di Facebook yang mengklaim bahwa terdapat beberapa pohon Silicon raksasa di bumi peninggalan ribuan tahun lalu yang dikenal sebagai konduktor suara dan pembangkit listrik, pohon-pohon tersebut mampu bertukar data melalui akar-akarnya yang terhubung.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, dilansir dari AFP gambar yang dibagikan tersebut merupakan gunung yang terdapat di berbagai wilayah. Gambar pertama, yang terlihat seperti tunggul coklat dengan akar mengarah ke tanah, menurut sumber aslinya, Alamy.com, gunung tersebut merupakan sebuah gunung berapi bekas di bawah laut yang memiliki puncak datar akibat erosi gelombang di depresi Afar Ethiopia.

Kemudian, gambar kedua dan empat merupakan Gunung Autana yang terdapat di Venezuela. Selain itu, gambar terakhir menunjukkan merupakan formasi batuan yang terletak di negara bagian Wyoming AS bernama Devils Tower , yang dinyatakan sebagai Monumen Nasional AS pertama pada tahun 1906, menurut situs nps.gov Devils Tower terbentuk dari batuan yang terbuat dari magma cair yang telah membeku.

Dengan demikian klaim Pohon Silicon Raksasa Peninggalan Ribuan Tahun Ditebang merupakan informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori Konteks yang Salah.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9V69P4-1
https://www.researchgate.net/figure/Cerro-autana-serrania-del-Cuao-estado-amazonas-Venezuela-Foto-Paolo-Costa_fig2_349636541
https://www.alamy.com/guyot-aerial-photograph-of-a-guyot-in-the-afar-depression-ethiopia-africa-the-awash-river-is-seen-across-top-left-guyots-are-underwater-volcanoes-image334781557.html?irclickid=QtVSdJ1sFxyIWlt2SbUYrRPNUkGwoZSK1XYAVM0&irgwc=1&utm_source=77643&utm_campaign=Shop%20Royalty%20Free%20at%20Alamy&utm_medium=impact
https://www.nps.gov/deto/learn/nature/tower-formation.htm

= = =
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.