[SALAH] Ulang Tahun ke-60, JCO Indonesia Bagikan 1000 Jam Tangan dan Perangkat Seluler

by -36 views

Hasil periksa fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta)

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, dilansir dari akun INSTAGRAM resmi JCO Indonesia, yaitu @jcoindonesia melalui salah satu unggahannya, pihak JCO Indonesia meminta agar para konsumen berhati-hati atas penipuan program hadiah dalam rangka ulang tahun yang mengatasnamakan JCO Indonesia.

Selengkapnya dibagian penjelasan

===

Kategori : Konten Palsu

===

Sumber : Pesan Berantai

Narasi :

“Perayaan ulang tahun ke-60. Banyak hadiah yang sangat indah, serta lebih dari 1000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler. Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!”

===
Penjelasan :
Telah beredar pesan berantai yang memuat sebuah link dengan mengatasnamakan J.CO Donuts & Coffee Indonesia atas pemberian 1000 jam tangan pintar serta perangkat seluler bagi para konsumen dalam rangka memperingati perayaan ulang tahun J.CO Donuts & Coffe Indonesia yang ke-60.

Berdasarkan hasil penelusuran melalui berbagai media sosial resmi J.CO Donuts & Coffee Indonesia ditemukan fakta bahwa informasi mengenai pemberian hadiah dari J.CO Donuts & Coffee Indonesia ialah informasi palsu.

Dilansir dari akun INSTAGRAM resmi JCO Indonesia yaitu @jcoindonesia, dalam salah satu unggahannya, pihak JCO Indonesia menyatakan bahwa saat ini pihak JCO tidak mengadakan program bagi-bagi hadiah dalam rangka ulang tahun JCO Indonesia, sebab segala bentuk promo atau hadiah akan diinfokan melalui INSTAGRAM/Twitter/website resmi JCO Indonesia

Melalui unggahan tersebut, pihak JCO Indonesia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak tertipu oleh portal link tidak resmi yang mengatasnamakan JCO Indonesia serta berhati-hati atas adanya penipuan melalui program hadiah yang mengatasnamakan JCO Indonesia tersebut.

Selain itu, dilansir dari Channel youtube resmi J.CO Donut & Coffee, dijelaskan bahwa JCO didirikan pada Juni 2005 di Jakarta, yang artinya usia perusahaan waralaba tersebut baru berusia kurang lebih 15 tahun hingga hari ini, serta melalui website resmi www.jcodonuts.com dijelaskan pula bahwa toko pertama JCO dibuka pada tahun 2006 di Indonesia.

Atas dasar tersebut, maka pernyataan bahwa JCO telah berusia 60 tahun seperti yang dimuat pada isi tautan yang beredar melalui pesan berantai tersebut adalah salah atau Hoax, dan masuk ke dalam kategori fabricated content atau konten palsu.

===

Referensi :

https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MDQxMTcwMjU1Mjk0Mjcw?story_media_id=2557289075457712611_307208979&igshid=1kf9o2r75vne3

https://www.jcodonuts.com/id/en/our-story

https://www.youtube.com/channel/UC1yUQ6TEReWu_QtFvaZX-SQ/about

===

Penulis : Novita Kusuma Wardhani
Editor : Bentang Febrylian

The post [SALAH] Ulang Tahun ke-60, JCO Indonesia Bagikan 1000 Jam Tangan dan Perangkat Seluler appeared first on TurnBackHoax.

No More Posts Available.

No more pages to load.