[SALAH] Undian Resmi Whatsapp Rp175 Juta

by -19 views

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Pesan singkat palsu. Pesan yang mencatut nama Whatsapp dan kepolisian adalah hoaks lama yang kembali beredar dengan narasi yang berbeda. Pihak kepolisian mengatakan pesan tersebut adalah penipuan. Situs resmi dari Whatsapp hanya www.whatsapp.com.

= = = = =

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: Pesan Singkat (SMS)

= = = = =

NARASI:

“Slmt
NO.Anda Resmi
Men-dapatkan Hadiah
Ke-2 Cek Tunai
Rp. 175jt Kode ID
Pemenang;[WHA012]
U/Info Hadiah
Klik
bit[dot]ly/whatsappjkt-974”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar kabar melalui pesan singkat yang menginformasikan hadiah cek tunai senilai Rp175 juta. Dalam narasinya, pesan menyertakan tautan yang harus diklik oleh penerima. Tautan tersebut mencatut nama PT Whatsapp dan memuat persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima hadiah, salah satunya membayar sejumlah uang. Selain itu, situs juga mencantumkan foto Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Dari hasil penelusuran diketahui pesan tersebut palsu. Pemenang Undian dari PT WhatsApp Indonesia ini adalah modus penipuan internet yang mirip dengan modus penipuan undian berhadiah lainnya seperti Shopee dan lain-lain. Diketahui pesan serupa juga telah beredar sebelumnya dengan narasi yang berbeda-beda. Seperti pada tahun 2018, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono membantah kabar yang mencatut nama instansinya tersebut dengan mengatakan pesan itu digunakan untuk penipuan.

“Kami tidak pernah bekerja sama dengan pihak WhatsApp atau pihak mana pun untuk mengadakan undian berhadiah,” dilansir dari detikcom, Senin 05 Maret 2018.

Lebih lanjut Argo meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan modus penipuan. Menurutnya banyak situs penipuan mengatasnamakan produk dan perusahaan terkenal yang mencatut nama kepolisian untuk meyakinkan korbannya. Namun Argo menegaskan bahwa pihak kepolisian tidak pernah bekerjasama untuk undian. Situs resmi dari Whatsapp hanya www.whatsapp.com, selain itu dapat dipastikan situs palsu. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten Palsu.

= = = = =

REFERENSI:
https://archive.vn/EbHFF
https://news.detik.com/berita/d-3898270/waspada-penipuan-undian-mengatasnamakan-whatsapp
https://turnbackhoax.id/2019/09/02/salah-hadiah-cek-tunai-rp-75-000-000-whatsapp/

Penulis: Rizqi Abdul Azis
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Undian Resmi Whatsapp Rp175 Juta appeared first on TurnBackHoax.