[SALAH] Video Anak-Anak di Tiongkok Diwajibkan untuk Menggunakan Baju Hazmat

by -11 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan baju hazmat. Faktanya, video tersebut menunjukkan anak-anak di Tiongkok yang tengah menggunakan kostum astronot pada Desember 2021 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: TikTok
https://web.archive.org/web/20220112134600/https://www.tiktok.com/@cinderkon/video/7049801222219500806?is_copy_url=1&is_from_webapp=v1&lang=en

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“LIHAT: Anak-anak di Tiongkok diwajibkan untuk menggunakan baju hazmat.”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun TikTok dengan nama pengguna “cinderkon” mengunggah sebuah video yang menunjukkan sekumpulan anak tengah berbaris menggunakan kostum berwarna putih. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa anak-anak dalam video tersebut adalah anak-anak di Tiongkok yang diwajibkan menggunakan baju hazmat.

Berdasarkan hasil penelusuran, kostum yang digunakan oleh anak-anak dalam video tersebut adalah kostum astronot, bukan baju hazmat. Media asal Tiongkok “CGTN” mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa anak melakukan parade dengan menggunakan kostum serupa. Parade tersebut diselenggarakan di sebuah sekolah di Kota Shangrao untuk memperingati Hari Olahraga Nasional pada 6 Desember 2021 lalu.

Lebih lanjut, media “People’s Daily Online” juga mengunggah foto beberapa murid sekolah di Provinsi Sichuan yang mengenakan kostum astronot serupa pada acara pendidikan khusus mengenai ruang angkasa pada 29 Desember 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna “cinderkon” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=yhKvAyZxYRA

http://en.people.cn/n3/2021/1229/c90000-9938912.html

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.