[SALAH] Video “Banjir di Tanah Tinggi Cameron Highland, Malaysia”

by -18 views

BUKAN di Cameron Highlands, Malaysia. Banjir di video adalah banjir lahar hujan yang terjadi pada alur daerah aliran sungai (DAS) yang berhulu dari puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu (30/12/2020).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Aritukikari Isme (fb.com/aritukikari.isme) pada 7 Januari 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Kalau Tanah Tinggi Cameron Highland boleh berlaku banjir…
Apa lagi bala yang menunggu kita..
Mengalir air mata …kita akur dengan ketentuan melihat balasan Allah…masih adakah dikalangan kita yang melihat ini sebagai biasa biasa..”

Cameron Highlands atau Tanah Tinggi Cameron merupakan sebuah pusat peristirahatan di dataran tinggi yang terkenal di semenanjung Malaysia. Cameron Highland terletak di barat daya negeri Pahang.

Sumber : https://perma.cc/4KT4-G27Y (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video banjir di Cameron Highland atau Tanah Tinggi Cameron, Malaysia adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Cameron Highland. Banjir di video adalah banjir lahar hujan yang terjadi pada alur daerah aliran sungai (DAS) yang berhulu dari puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu (30/12/2020).

Video yang sama, dengan resolusi lebih baik salah satunya diunggah oleh akun Facebook Wimbono pada 31 Desember 2020 dengan narasi “Banjir lahar dingin gunung Semeru”.

Selain itu, beberapa foto yang identik dengan video, dibagikan oleh akun Twitter resmi milik BNPB Indonesia pada 31 Desember 2020.

“Banjir lahar hujan terjadi pada alur daerah aliran sungai (DAS) yang berhulu dari puncak Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu (30/12). Selengkapnya : https://bnpb.go.id/berita/hujan-lebat-picu-banjir-lahar-hujan-dari-gunung-semeru #InfoBencanaBNPB”, tulis BNPB Indonesia pada unggahan tersebut.

REFERENSI
https://www.facebook.com/groups/129126824441974/permalink/676970046324313/ (Arsip – https://perma.cc/D2JY-WQUJ)
https://twitter.com/BNPB_Indonesia/status/1344581563112062976
https://bnpb.go.id/berita/hujan-lebat-picu-banjir-lahar-hujan-dari-gunung-semeru
https://id.wikipedia.org/wiki/Cameron_Highlands

The post [SALAH] Video “Banjir di Tanah Tinggi Cameron Highland, Malaysia” appeared first on TurnBackHoax.