[SALAH] Video “Bawang Merah Impor dari Cina Berisi Narkoba”

by -16 views

BUKAN terjadi di Indonesia. Kejadian di video itu terjadi di Arab Saudi, berdasarkan kesamaan logo seragam petugas yang ada di video itu dengan logo lama Bea Cukai Arab Saudi dan kejadian di video itu sudah terjadi sebelum tahun 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Maizhart Chaniago Mba (fb.com/maizhart.c.mba.3) pada 20 Desember 2021 mengunggah sebuah video yang memperlihatkan seseorang memegang pisau membelah bawang merah berukuran besar dan di dalam bawang itu tampak pil berwarna putih dengan narasi sebagai berikut:

“*IMPORT BAWANG MERAH DARI CINA RRC* Ternyata isinya narkoba, pembunuh dan perusak anak bangsa. Ini yang diketahui, *dikhawatirkan yang lolos lebih banyak*”

Sumber: bit.ly/32ai30N (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang memperlihatkan seseorang memegang pisau membelah bawang merah berukuran besar dan di dalam bawang itu tampak pil berwarna putih yang diklaim sebagai bawang impor dari Cina merupakan klaim yang salah.

Faktanya, kejadian itu bukan terjadi di Indonesia. Kejadian di video itu terjadi di Arab Saudi, berdasarkan kesamaan logo seragam petugas yang ada di video itu dengan logo Bea Cukai Arab Saudi dan kejadian di video itu sudah terjadi sebelum tahun 2018.

Video yang identik, dimuat di dalam artikel berjudul “Video:Illegal drugs hidden inside onions seized in Saudi” yang terbit di situs ebalsblog.com pada bulan Agustus 2016.

Di artikel ini, disebutkan bahwa polisi Saudi menyita sejumlah besar obat-obatan yang disembunyikan di dalam bawang dalam pengiriman yang datang dari negara lain. Video itu menunjukkan seorang petugas bea cukai menggunakan pisau untuk memotong bawang dan menemukan obat yang dimasukkan di dalamnya.

Dari artikel ini, dilakukan penelusuran terhadap logo yang terdapat di lengan baju petugas yang ada di video. Dari hasil penelusuran gambar, ditemukan kesamaan logo di lengan baju tersebut dengan logo lama Bea Cukai Arab Saudi.

Selain itu, pada tahun 2018 Kadiv Humas Mabes Polri saat itu, Irjen Setyo Wasisto menyatakan bahwa penyelundupan narkoba itu bukan terjadi di Indonesia.

“Itu video sudah lama beredar, itu bukan di Indonesia,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto saat dihubungi oleh detikcom, Kamis (18/1/2018).

Setyo mengatakan bawang tersebut tidak masuk ke Indonesia. Dia menyebut video tersebut sudah beredar dua tahun sebelum 2018. Meskipun bawang tersebut beredar di luar negeri, polisi tetap memantau adanya modus seperti itu di Indonesia. Masyarakat diminta tidak khawatir karena bawang itu tidak masuk ke Indonesia.

REFERENSI
http://www.ebalsblog.com/2016/08/videoillegal-drugs-hidden-inside-onions.html
https://www.cma-cgm.com/local/taiwan/news/28/general-customs-authority-saudi-arabia-reducing-the-duration-of-goods-left-at-the-customs-outlets
https://news.detik.com/berita/d-3821974/viral-video-narkoba-dimasukkan-ke-bawang-ini-penelusuran-polisi

The post [SALAH] Video “Bawang Merah Impor dari Cina Berisi Narkoba” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.