[SALAH] Video Bukti Varian Omicron Hanya Dibuat-Buat

by -21 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan video yang membuktikan bahwa varian Omicron hanya dibuat-buat. Video tersebut merupakan video di balik pembuatan video promosi fasilitas kesehatan Shamir Medical Center di Israel pada Maret 2021 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.md/LT2PL

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“Ini semua hanya sandiwara”

= = = = =

PENJELASAN:

Sebuah akun Twitter dengan nama pengguna “PaulDoodly” mengunggah sebuah video yang menunjukkan sekelompok orang tengah mendokumentasikan sesuatu di rumah sakit. Dalam video tersebut juga disertai sebuah narasi yang menyatakan bahwa video itu merupakan bukti bahwa varian Omicron hanya dibuat-buat oleh media.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut tidak membuktikan bahwa varian Omicron hanya dibuat-buat. Melansir dari AFP, seorang juru bicara Shamir Medical Center, Liad Aviel menjelaskan bahwa video tersebut merupakan video di balik pembuatan video promosi fasilitas kesehatan Shamir Medical Center di Israel pada Maret 2021 lalu, sebelum kasus pertama varian Omicron terdeteksi.

Video promosi yang dimaksud telah diunggah di kanal YouTube Shamir Medical Center dengan judul video “Shamir Medical Center – A Groundbreaking Technological Power” yang ditulis dalam Bahasa Ibrani. Adegan yang tengah didokumentasikan dalam video yang diunggah oleh pengguna Twitter “PaulDoodly” dapat dilihat pada menit 1:30 hingga 1:44 dalam video promosi.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “PaulDoodly” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=A5lzK8aTYQg

https://factcheck.afp.com/viral-video-falsely-claims-pandemic-staged

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video Bukti Varian Omicron Hanya Dibuat-Buat appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.