[SALAH] Video Detik-Detik Gunung Semeru Bocor dari Tengah Gunung

by -14 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Hal tersebut tidak benar. Faktanya, Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat dari Pusat Vulakonologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Nia Haerani menjelaskan bahwa video tersebut merupakan awan panas guguran (APG) bukan kebocoran.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/1fDFb

= = = = =

NARASI:
“Bismillah
Subhanallah detik detik semeru
BOCOR Dari tengah gunung
Semoga Allah selalu melindungi
Yang bertugas disana maupun maa syaa rakat
Dan relamawan Aamiin Allahumma Aamiin
Afwan abaikan suara musiknya…”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Syirli Khanita memposting sebuah video yang diklaim detik-detik Gunung Semeru mengalami bocor dari tengah. Video yang diunggah pada 19 Desember 2021 tersebut berdurasi 1 menit.

Setelah ditelusuri Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat dari Pusat Vulakonologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Nia Haerani menegaskan video tersebut bukan kebocoran Gunung Semeru dari tenggah namun video tersebut adalah awan panas guguran (APG).

“Itu yang disebut awan panas guguran. Batuan (aliran lava) yang keluar dari puncak mengendap di lereng karena tidak stabil kemudian turun lagi,” jelas Nia.

Abu tersebut keluar karena batuan yang masih panas dibagian dalamnya. Nia mengungkapkan asap tersebut bukan dari dalam tubuh gunung, tetapi permukaan.

Dengan demikian video yang diklaim detik-detik Gunung Semeru bocor dari tengah tidak benar hal tersebut dikatakan oleh Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat dari usat Vulakonologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Nia Haerani, sehinggah masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/20/070000565/viral-video-gunung-semeru-disebut-bocor-dari-tengah-ini-penjelasan-pvmbg?page=all

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video Detik-Detik Gunung Semeru Bocor dari Tengah Gunung appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.