[SALAH] Video Fisikawan Bermain Bola Voli Menggunakan Drone

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Video yang diklaim memperlihatkan dua drone bermain bola voli yang dikendalikan oleh fisikawan tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan VFX oleh seniman visual Hamid Ebrahimnia, bukan menggunakan drone asli.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Twitter
https://archive.md/HkMcO

= = =
Narasi:
“When Physicists are boring”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di Twitter dengan klaim dua fisikawan bermain bola voli dengan menggunakan drone, video tersebut memperlihatkan dua drone diterbangkan di atas gedung dan saling melemparkan bola voli seperti menampilkan reaksi fisika dari pantulan bola voli.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, video asli tersebut merupakan hasil visual efek karya seniman visual Hamid Ebrhimnia, ia membagikan video tersebut pertama kali melalui Instagram pribadinya. Seniman visual asal Iran tersebut melalui AFP mengatakan “Video itu tidak nyata. Saya membuatnya dengan VFX karena saya melakukan banyak karya seni efek visual. Video tersebut merupakan karya seni visual gerak dan memiliki pesan di dalamnya: menyebarkan pesan COVID-19 dan tetap di rumah,” ujarnya.

Dengan demikian klaim Video Fisikawan Bermain Bola Voli Menggunakan Drone merupakan informasi yang tidak benar dan termasuk ke dalam kategori Konteks yang Salah.

= = =
Referensi:
https://factcheck.afp.com/video-shows-digital-animation-not-real-drones-playing-volleyball
https://www.instagram.com/p/CLwdEEYA9Bd/?s=09

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video Fisikawan Bermain Bola Voli Menggunakan Drone appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.