[SALAH] Video Harimau di Cisaga, Ciamis

by -11 views

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, video tersebut bukan di Ciamis tapi di India. Petugas BKSDA telah berkoordinasi dengan Babinsa dan mendapatkan informasi bahwa tidak ada kejadian tersebut.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/91BLx

= = = = =

NARASI:
“Cisaga ati2, harimau liar…”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Anita Frasina Pattinama memposting sebuah video berdurasi 30 detik. Video tersebut menampilkan seekor harimau yang sedang menyeberang jalan. Postingan yang diunggah 29 Desember 2021 tersebut mengklaim kejadian tersebut berlokasi di Ciamis, Cisaga.

Setelah ditelusuri, petugas BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) wilayah III Ciamis, Dede menjelaskan pihaknya sudah mengonfirmasi terkait video tersebut dan menurut Babinsa kejadian tersebut tidak ada dan tidak benar. Lebih lanjut, populasi hewan yang ada di Gunung Sawal hanya Macan Tutul bukan Harimau.

Setelah ditelusuri lebih lanjut terkait video tersebut sudah ada sejak 9 Mei 2021 dalam salah satu video berjudul “tiger crossing road #masinagudi” yang diunggah oleh OOTY NEWS di kanal Youtube. Dalam video tersebut diberikan keterangan lokasi Mudumalai Tiger Reserve yang berada di India.

Dengan demikian informasi di Cisaga, Ciamis ada harimau tidak benar, hal tersebut telah dijelaskan oleh petugas BKSDA sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.harapanrakyat.com/2021/12/viral-harimau-melintas-di-jalan-cisaga-rancah-bksda-ciamis-hoaks/
https://www.youtube.com/watch?v=twejlmu4mUM

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.