[SALAH] Video “Komandan kepolisian rusia menghujat ISLAM. Kemudian seorang pemuda checnya menantang duel one by one”

by -28 views

BUKAN komandan kepolisian Rusia. Perkelahian di video itu adalah perkelahian antara seorang pria dan seorang satpam sebuah kafe di mal Ostrov Sokrovishch, di Podolsk, di wilayah Moskow, setelah pria itu dan teman-temannya ditolak masuk kembali ke tempat tersebut pada tanggal 23 Februari 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Abu Wala Bara (fb.com/wala.malik.98) pada 4 September 2021 mengunggah sebuah video yang menunjukkan dua pria berkelahi dengan narasi sebagai berikut:

“Komandan kepolisian rusia menghujat ISLAM. Kemudian seorang pemuda checnya menantang duel one by one. Dia Bukan BATMAN atau SUPERMAN. Tapi Dia seorang MUSLIM”

Sumber: https://bit.ly/3a34n7P (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai perkelahian seorang pemuda Chechnya dengan komandan kepolisian Rusia merupakan konten yang salah.

Faktanya, bukan komandan kepolisian Rusia. Perkelahian di video itu adalah perkelahian antara seorang pria dan seorang satpam sebuah kafe di mal Ostrov Sokrovishch, di Podolsk, di wilayah Moskow, setelah pria itu dan teman-temannya ditolak masuk kembali ke tempat tersebut pada tanggal 23 Februari 2020.

Dilansir dari AFP, stasiun TV milik pemerintah Rusia, Moscow 24 menyiarkan berita mengenai perkelahian tersebut di program berita yang diunggah di saluran YouTubenya pada tanggal 25 Februari 2020 dengan judul “В Сети появилось видео жестокой драки в Подольске – Москва 24” atau yang jika diterjemahkan “Sebuah video pertarungan brutal di Podolsk muncul di web – Moskow 24”

Video tersebut menunjukkan urutan yang berbeda: dimulai dengan adegan perkelahian dan diikuti percakapan antara pria berjanggut dengan polisi.

Pria yang berkelahi dengan petugas keamanan, yang diidentifikasi sebagai Arthur Selimov, mengatakan kepada 360, saluran berita Rusia, bahwa dia berkelahi dengan seorang satpam sebuah kafe di mal Ostrov Sokrovishch, di Podolsk, di wilayah Moskow, setelah dia dan teman-temannya ditolak masuk kembali ke tempat tersebut pada tanggal 23 Februari 2020.

Sebagian keterangan video itu berbunyi: “Akhirnya, Arthur sendiri dan satpam kafe keluar untuk berduel satu lawan satu. Pria muda itu segera merobohkan karyawan perusahaan keamanan swasta tersebut. Dan kemudian kerumunan itu bergegas memisahkan mereka, termasuk para polisi nasional.”

Seorang jurnalis AFP yang bisa berbahasa Rusia mengatakan mengatakan polisi di video tersebut tidak menyebutkan soal Islam.

REFERENSI
https://periksafakta.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9MX9AU-1
https://www.youtube.com/watch?v=y7CfsTTlFow
https://www.youtube.com/watch?v=lOgH1Fu-q2c

The post [SALAH] Video “Komandan kepolisian rusia menghujat ISLAM. Kemudian seorang pemuda checnya menantang duel one by one” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.