[SALAH] Video Korban Ponsel Meledak karena Minum Air dan Menggunakan Ponsel yang Sedang Diisi Daya

by -20 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan rekaman CCTV asli. Video tersebut merupakan hasil akting. Lebih lanjut, tidak ada bukti bahwa menggunakan ponsel sambil minum air maupun saat sedang diisi daya dapat menyebabkan ponsel meledak.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“Saat menelepon jangan minum air…”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video rekaman CCTV melalui pesan WhatsApp yang menunjukkan seorang pria yang tengah menggunakan ponselnya untuk menelepon seseorang. Pria tersebut tetap melakukan panggilan dan meminum air meskipun ponsel dalam kondisi diisi dayanya. Tidak lama setelahnya, ponsel tersebut meledak.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan rekaman CCTV asli, melainkan merupakan hasil akting. Video dengan tata ruang dan format rekaman CCTV serupa dapat ditemukan dalam salah satu video yang diunggah oleh aktris India Sanjjanaa Galrani. Dalam video yang diunggah oleh Galrani, terdapat keterangan yang menyatakan bahwa video tersebut merupakan drama dan parodi yang dibuat berdasarkan naskah yang ada.

Lebih lanjut, tidak ada bukti bahwa menggunakan ponsel sambil minum air maupun saat sedang diisi daya dapat menyebabkan ponsel meledak. Melansir dari The Star, beberapa produsen ponsel terbesar di dunia, seperti Apple, Samsung, dan Huawei menegaskan bahwa produk ponsel mereka dapat digunakan meskipun dalam kondisi diisi dayanya. Resiko ponsel meledak biasanya disebabkan karena kesalahan dalam proses produksi baterai, bukan karena penggunaan ponsel saat sedang diisi daya.

Dengan demikian, video rekaman CCTV melalui pesan WhatsApp terkait ledakan ponsel tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.thestar.com.my/news/true-or-not/2021/11/19/is-using-a-phone-while-charging-it-an-explosion-waiting-to-happen

https://www.facebook.com/sanjjanaagalrani/videos/1688627634665465

https://newschecker.in/fact-check/viral-video-of-man-getting-electrocuted-while-talking-on-phone-plugged-to-the-charger-is-scripted

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.