[SALAH] Video “Markas Power Rangers ada di Indonesia”

by -13 views

BUKAN di Indonesia. Markas Power Rangers di film sebenarnya adalah House of Book. Bangunan ini berada di dalam komplek Universitas Yahudi Amerika di Lembah Simi California, Amerika Serikat.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Koneksi yang Salah
===========================================

Akun TikTok pottabeewings (tiktok.com/@pottabeewings) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“me : umur 18th kamu? #fypシ #fypgakni #masukfypdong #fyp #masukberanda”

Adapun narasi dalam video yang ia tuliskan sebagai berikut: “Di umur berapa kalian baru tau kalau Markas power rangers ada di Indonesia?” tulisnya. Dalam video yang ia unggah kemudian menampilkan perjalanan ke sebuah gedung berwarna abu-abu. “Nah ini gedung bagiannya. Ini markas pusatnya,” tulisnya.

Sumber : https://archive.vn/JmFdl (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa gedung markas yang ada di film Power Rangers ada di Indonesia merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan di Indonesia. Markas Power Rangers di film sebenarnya adalah House of Book. Bangunan ini berada di dalam komplek Universitas Yahudi Amerika di Lembah Simi California, Amerika Serikat.

Sementara itu, gedung yang ada di dalam video yang diunggah oleh sumber klaim, adalah Gedung Perpustakaan Universitas Andalas yang berlokasi di Limau Manis, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

Saat dikonfirmasi oleh Kompas, Sub Koordinator Humas dan Protokol Universitas Andalas Ilfatrisia membenarkan bahwa bangunan dalam video TikTok tersebut berlokasi di Unand.

“Banyak mahasiswa yang menamakan gedung Unand adalah gedung Power Ranger, karena hampir semua bangunannya mirip markas Power Ranger, serial hero yang tren tahun 90-an,” ujar Ilfa.

Ilfa menjelaskan, sebenarnya bangunan tersebut desainnya berbentuk rumah Bagonjong, rumah adat Minangkabau dengan atap berbentuk seperti tanduk kerbau. Selain itu, gedung tersebut seluruh bangunannya dilapisi dengan batu granit.

Ilfa mengatakan pembangunan gedung tersebut diawali dengan peletakan batu pertama pada tanggal 11 Maret 1986 yang dilakukan secara simbolis oleh Menteri Pendidikan saat itu yakni Prof. Dr. Fuad Hasan dan mulai dimanfaatkan pada tahun 1989.

Sementara itu, House of the Book dirancang oleh arsitek bernama Sidney Eisenshtat dan selesai dibangun pada tahun 1973. Setiap harinya, gedung ini berfungsi sebagai perpustakaan dan gedung pertunjukkan seni.

American Jewish University adalah universitas gabungan dari University of Judaism dengan the Brandeis-Bardin Institute. Penggabungan keduanya terjadi pada tahun 2007, dan kini dikenal dengan nama American Jewish University.

Brandeis-Bardin Institute adalah salah lahan terbesar milik Israel yang yang ada di luar negaranya. Lembaga pendidikan ini memiliki luas 2.200 hektar dan menjadi tempat berkumpul komunitas Yahudi. Tapi walau begitu, menurut salah satu Rabbi di AJU, Rabbi Adam Greeenwald, AJU terbuka untuk umum.

Brandeis-Bardin Institute juga pernah digunakan sebagai lokasi beberapa serial TV dan film lain, seperti Star Trek: The Next Generation dan Star Trek VI: The Undiscovered Country, The Lawnmower Man, Tenacious D in the Pick of Destiny, dan Jurassic Park dan lain-lain.

REFERENSI
https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/08/185408865/viral-bangunan-disebut-markas-power-ranger-ada-di-indonesia-benarkah
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Gedung_Perpustakaan_Unand.jpg
https://powerrangers.fandom.com/wiki/Command_Center_(Mighty_Morphin)
https://travel.detik.com/destination/d-2141693/markas-power-ranger-sungguhan-ada
https://www.google.com/maps/place/House+of+the+Book/@34.2567267,-118.6926076,24a,35y,262.67h,73.86t/data=!3m1!1e3!4m5!3m4!1s0x0:0x66ccc42bed0a3069!8m2!3d34.2565857!4d-118.694835?hl=en-US

The post [SALAH] Video “Markas Power Rangers ada di Indonesia” appeared first on TurnBackHoax.