[SALAH] Video Mobil Hanyut Terbawa Arus Banjir

by -14 views

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, video tersebut bukan direkam saat banjir yang terjadi di kawasan Jakarta dan sekitarnya tahun 2021, melainkan saat banjir di Perumahan Ciledug Indah, Tangerang pada Januari 2020.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.st/bi7v

====

Narasi:

“This video from my water community friends in Jakarta, Indonesia raises the question: How can cities soaking up rain and reduce flooding?”

“Video ini dari teman komunitas air saya di Jakarta, ini menimbulkan pertanyaan bagi Indonesia: Bagaimana kota dapat menyerap hujan dan mengurangi banjir?”

====

Penjelasan:

Akun Twitter Joep Janssen (@joepjanssencom) mengunggah video hanyutnya sebuah mobil yang terbawa arus banjir dengan klaim bahwa video tersebut didapatkannya dari teman rekan komunitasnya di Jakarta. Unggahan tersebut mendapatkan atensi sebanyak 247 retweet, 471 like, dan 78 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, ditemukan video yang sama pada portal detik.com dengan keterangan bahwa mobil tersebut hanyut saat banjir di Perumahan Ciledug Indah, Tangerang pada 1 Januari 2020. Menurut keterangan Joko, Ketua RW 10 Kelurahan Pedurenan, beberapa mobil hanyut karena luapan air dari Kali Angke.

“Kalau yang mobil hanyut itu kan mereka nggak nyangka, paginya banjir mereka keluar kan mobil di gerbang. Siangnya air meluap dan nggak sempet lagi mereka alihkan. Airnya itu, makanya saya bilang keluarnya dari Kali Angke sangat cepat jadi nggak sempat lagi mau ini. Air begitu deras. Makanya banyak beberapa mobil yang hanyut di situ,” ungkap Joko pada detikcom, Kamis (2/1/2020).

Dari berbagai fakta yang telah dijelaskan, unggahan akun Twitter Joep Janssen (@joepjanssencom) dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah.

====
Referensi:

https://20.detik.com/detikflash/20200101-200101063/video-mobil-hanyut-saat-banjir-di-ciledug-indah

https://news.detik.com/berita/d-4843682/warga-cerita-mobil-mobil-hanyut-saat-banjir-di-ciledug-indah-tangerang

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video Mobil Hanyut Terbawa Arus Banjir appeared first on TurnBackHoax.