[SALAH] Video Rekaman Kecelakaan Helikopter Jenderal Bipin Rawat India

by -28 views

Hasil Periksa Fakta Fathia IS.

Infomasi tesebut salah. Faktanya, video dalam unggahan tersebut bukan video kecelakaan helikopter yang ditumpangi Staf Pertahanan India, Jenderal Bipin Rawat. Melansir dari Pragativadi, video sebuah helikopter terbakar di udara itu terjadi pada 2020 di Suriah.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Facebook https://bit.ly/30FWKU0

Arsip Sumber

  1. https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/12/SALAH-Video-Rekaman-Kecelakaan-Helikopter-Jenderal-Bipin-Rawat-India.pdf
  2. https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/12/SALAH-Video-Rekaman-Kecelakaan-Helikopter-Jenderal-Bipin-Rawat-India-2-1.pdF

= = =
Narasi:
“Salah satu jendral di india beserta keluarganya kecelakaan helikopter.”

“Insiden Kecelakaan helikopter di tamil nadu, india menewaskan Panglima tinggi militer nya Jendral Biipin Rawat beserta 11 kru termasuk istri nya. Hanya ada satu yang selamat yakni staf DSCC varun singh”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa video tersebut merupakan rekaman kecelakaan helikopter di Tamil Nadu yang menewaskan Panglima Tinggi Militernya, Jenderal Bipin Rawat beserta 11 kru termasuk istrinya.

Dalam video tersebut, terlihat sebuah helikopter yang sedang mengudara terbakar, mengeluarkan asap hitam, kemudian jatuh.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, video dalam unggahan tersebut bukan video kecelakaan helikopter yang ditumpangi Staf Pertahanan India, Jenderal Bipin Rawat. Melansir dari Pragativadi, video sebuah helikopter terbakar di udara itu terjadi pada 2020 di Suriah.

Helikopter Syaad Mi-17 dihantam oleh rudal yang diduga ditembakkan oleh milisi Turki dengan dukungan dari Al Qaeda di Suriah.

Berdasarkan penelusuran, video berdurasi 1 menit 20 detik itu pertama kali diunggah oleh seorang jurnalis pada 11 Februari 2020 di Twitter.

Terkait insiden kecelakaan helikopter yang membawa Kepala Staff Pertahanan India (CDS), Jenderal Bipin Rawat, benar terjadi. Kecelakaan tersebut terjadi di dekat Coonoor di perbukitan Nilgiri di Tamil Nadu, India, pada (8/12/2021).

Dilansir dari BBC, helikopter tersebut ditumpangi oleh Jenderal Bipin Rawat, Istrinya, dan 11 orang lainnya. BBC menyertakan video ketika helikopter sudah jatuh ke tanah dan terbakar, tetapi tidak ada video ketika pesawat itu mengalami kebakaran saat di udara.

Dengan demikian, video yang diklaim sebagai insiden kecelakaan helikopter yang menewaskan Jenderal Bipin Rawat di Tamil Nadu India tersebut tidak benar dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

== =
Referensi:

  1. https://pragativadi.com/fact-check-video-of-helicopter-crash-going-viral-on-social-media-claim-to-be-from-general-bipin-rawats-chopper-crash/
  2. https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/11/162900065/-hoaks-video-kecelakaan-helikopter-jenderal-bipin-rawat-di-india?page=all#page2
  3. https://www.bbc.com/news/world-asia-india-59576082

= = =
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video Rekaman Kecelakaan Helikopter Jenderal Bipin Rawat India appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.