[SALAH] Video “Sumur Resapan Makan Korban”

by -23 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Orang yang ada dalam video tersebut bukan terperosok ke sumur resapan, melainkan ke selokan.

= = = =

KATEGORI: False context atau konteks yang salah

= = = =

SUMBER:
Facebook
https://archive.ph/w8XAo

= = = =

NARASI:

“Sumur resapan makan korban , kasihan korbannya jatuh di sumur resapan. Kasihan sumurnya tak berpungsi untuk menampung air hujan, untung hpnya selamat ……”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah video melalui akun Facebook Lilis Joics Jendrawati yang mengatakan bahwa terdapat seseorang yang terperosok ke dalam sumur resapan.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Orang yang berada dalam video tersebut tidak terperosok ke dalam sumur resapan, melainkan ke selokan. Video tersebut juga sudah beredar sejak Februari 2020. Saksi mata yang berada di sekitar lokasi kejadian juga mengatakan bahwa selokan tersebut tertutup beton, sehingga tidak terlihat dan menyebabkan orang tersebut terperosok ke dalam selokan seperti yang terlihat dalam video.

Dengan demikian, video yang diunggah oleh akun Lilis Joics Jendrawati tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

= = = =

REFERENSI:
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNGAVLpk-cek-fakta-video-pejalan-kaki-terperosok-ke-sumur-resapan-ini-faktanya
https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/4844493/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-seorang-pria-terperosok-ke-dalam-sumur-resapan

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.