[SALAH] Video “Tentara tidak tahu adat. Arogan sekali menyerang sopir truk”

by -20 views

BUKAN tentara. Pelaku yang saat ini sudah ditangkap polisi itu berinisial O dan bekerja sebagai pelaut. Selain itu, pelaku juga menggunakan pelat nomor kendaraan palsu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Sekar Kinanti (fb.com/100067731954772) pada 27 Juni 2021 mengunggah video yang memperlihatkan seorang pria menganiaya sopir truk kontainer di jalan hingga menimbulkan kemacetan dengan narasi sebagai berikut:

“OKNUM TENTARA KEPARAT
Tentara tidak tahu adat. Arogan sekali menyerang sopir truk, memukuli sopir tsb dijalan padat bahkan sampai memecahkan kaca depan truk. Memalukan TNI saja. Semoga segera ditangkap!!”

Di video tersebut, terdapat suara seseorang yang menyebutkan narasi sebagai berikut:

“buset, woi jangan mentang-mentang tentara, belagu banget, kasihan sopir kontainernya, belagu banget mentang-mentang pajero, pak sabar pak sabar, gila, tuh tuh orangnya”

Sumber: https://bit.ly/3xaLA4l (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa pengemudi mobil Pajero pelaku pemukulan terhadap sopir truk kontainer di Jakarta Utara merupakan tentara merupakan klaim yang salah.

Faktanya, bukan tentara. Pelaku yang saat ini sudah ditangkap polisi itu berinisial O dan bekerja sebagai pelaut. Selain itu, pelaku juga menggunakan pelat nomor kendaraan palsu.

Sebelumnya, pengemudi Pajero yang aksinya viral usai mengamuk hingga menganiaya sopir truk kontainer akhirnya tertangkap. Ia ditangkap polisi di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (28/6/2021) pagi. Belakangan diketahui, pengemudi Mitsubishi Pajero itu berinisial O, umur 39 tahun. Menurut polisi, usai aksinya viral di media sosial, O mencoba kabur ke Trenggalek, Jawa Timur.

Dilansir dari Suara.com, Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Nasriadi mengatakan bahwa O bukan lah anggota TNI atau Polri, melainkan seorang pelaut.

“Bukan anggota TNI bukan anggota Polri. pekerjaannya pelaut. Tapi karna lagi covid gini dia kerja di tempat pencarian tenaga kerja,” bebernya.

Aksi tak terpuji itu sendiri terjadi di Jalan Yos Sudarso, Sunter, Jakarta Utara. Dia melarikan diri usai aksinya terekam kamera hingga videonya viral di media sosial.

Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Nasriadi mengatakan pihaknya sempat mengejar O ke Trenggalek. Namun ternyata yang bersangkutan diketahui hendak kembali ke Jakarta hingga akhirnya tertangkap di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 08.00 WIB pagi.

“Pas di Bandara Juanda itu kita cek manifes ternyata dia terbang ke Jakarta. Nah tim yang di Jakarta sudah stand by di sini (Bandara Soekarno-Hatta). Jadi kita tangkap dia pukul 08.00 WIB tadi,” kata Nasriadi saat dikonfirmasi, Senin (28/6/2021).

Selain itu, dilansir dari Detik.com, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri, menyebut pengemudi Pajero O diketahui membuat sendiri pelat nomor palsu tersebut karena pelat kendaraan miliknya itu sejatinya sudah mati sejak setahun yang lalu.

“Ini dia ketok sebenarnya kendaraannya itu mati. Kendaraan sudah mati masa berlakunya tanggal 12/5/2020. Ini salah satu motif kenapa dia ganti dengan nomor palsu karena kendaraannya ini sudah tidak berlaku lagi sejak bulan 5/12/2020 sehingga dia gunakan B-1861-QH ini,” terang Yusri.

O diketahui terinspirasi dari media sosial untuk menggunakan pelat nomor palsu. Karena pelat nomor QH kerap digunakan oleh aparat penegak hukum.

“Ya dia kepikiran untuk menggunakan pelat itu setelah melihat media sosial, melihat aplikasi TikTok. Ada yang mengatakan bahwa pelat itu biasa digunakan oleh aparat, sehingga kemudian dia menggunakan plat itu untuk mengelabui petugas,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

REFERENSI
https://www.suara.com/news/2021/06/28/103656/bukan-polisi-atau-tni-pengemudi-pajero-aniaya-sopir-kontainer-ternyata-seorang-pelaut
https://news.detik.com/berita/d-5623038/polisi-ungkap-pengemudi-pajero-pakai-pelat-palsu-qh-terinspirasi-tiktok

The post [SALAH] Video “Tentara tidak tahu adat. Arogan sekali menyerang sopir truk” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.