[SALAH] Video “VIRAL TERBARU HARI INI ~ SELAMAT JALAN ANIES BASWEDAN!! KPK BERHASIL LAKUKAN INI”

by -78 views

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Faktanya, tidak ada pemberitaan yang kredibel bahwa Anies Baswedan ditangkap oleh KPK. Anies sendiri masih aktif di akun Instagram resminya dan sempat meresmikan pembangunan Kampung Susun Cakung, Jakarta Timur.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: YouTube
https://archive.ph/dtJDF

= = = = =

NARASI:

“VIRAL TERBARU HARI INI ~ SELAMAT JALAN ANIES BASWEDAN!! KPK BERHASIL LAKUKAN INI”

NARASI DALAM GAMBAR:

“TANGIS GUBERNUR PECAH DI KPK
UANG TRILIUNAN BERHASIL DIAMANKAN NASIB ANIES BERAKHIR DISINI”

= = = = =

PENJELASAN:

Kanal YouTube “PILAR ISTANA” mengunggah sebuah video berjudul “VIRAL TERBARU HARI INI ~ SELAMAT JALAN ANIES BASWEDAN!! KPK BERHASIL LAKUKAN INI” pada 9 Oktober 2021. Video tersebut telah ditonton sebanyak 14.038 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim tersebut adalah salah. Tidak ada pemberitaan yang kredibel bahwa Anies Baswedan ditangkap oleh KPK. Anies sendiri masih sempat meresmikan pembangunan Kampung Susun Cakung, Jakarta Timur. Lebih lanjut, Anies juga masih aktif di akun Instagram resminya untuk memberikan apresiasi ke Jakarta Smart City yang berhasil memenangkan IDC Future Enterprise Awards 2021 pada 9 Oktober 2021, serta mengunggah progres pembangunan Gedung Panjang yang akan menjadi Wisma Seni dan Perpustakaan Taman Ismail Marzuki pada 10 Oktober 2021.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh kanal YouTube “PILAR ISTANA” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://metro.tempo.co/read/1514823/sah-anies-baswedan-resmikan-kampung-susun-cakung-bakal-dikelola-warga-sendiri

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Video “VIRAL TERBARU HARI INI ~ SELAMAT JALAN ANIES BASWEDAN!! KPK BERHASIL LAKUKAN INI” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.