[SALAH] Video “viralkan penculik anak bkan hoax tapi nyata”

by -38 views

Pria dalam video bukan penculik anak, melainkan ayah dari si anak. Pria tersebut memiliki gangguan kejiwaan, bukan berniat untuk menculik si anak.

=====

Kategori: Konteks yang Salah

=====

Sumber: Youtube

https://perma.cc/W2J4-6BV8

=====

Narasi:

Narasi pada judul: “viralkan penculik anak bkan hoax tapi nyata”

=====

Penjelasan:

Kanal Youtube putra jaya id mengunggah video dengan judul “viralkan penculik anak bkan hoax tapi nyata” pada 7 Desember 2021. Di dalam video itu tampak seorang pria ditangkap sejumlah anggota polisi dan mengamankan seorang anak kecil menangis.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa video tersebut merupakan penculikan anak keliru. Sebab, ditemukan video yang serupa dengan judul “Viral, Tangis Anak Lampung Tengah Minta Pulang” yang tayang di kanal Youtube Lampung TV pada 2 Maret 2020. Pada bagian deskripsi video itu terdapat keterangan bahwa pihak kepolisian mengamankan seorang pria lantaran ada laporan dari warga mengenai seorang pria memegang anak kecil berusia 5 tahun di pinggir Jalan Lintas Tengah Sumatera, batas Kalibalangan dan Kembang Tanjung, dekat RM Taruko, Lampung Utara.

Diketahui bahwa pria tersebut merupakan ayah dari si anak. Kepada petugas Polsek Abung Selatan, Sal, ibu sang anak, menyatakan suaminya dalam status berobat karena sakit jiwa sejak Tahun 2008 di Kurungan Nyawa, Pesawaran.

Adapun, pihak Polsek Abung Selatan pun sudah memberikan klarifikasi atas kejadian tersebut pada 2 Maret 2020. Kapolsek Abung Selatan AKP Sukimanto menyampaikan klarifikasi bahwa pengamanan dilakukan lantaran ada aduan dari warga dan kelakuan dari pria tersebut berkelakuan aneh. Setelah dilakukan interogasi di polsek ternyata pria tersebut bernama Oksa Adenan, warga Kampung Tanjung Ratu, Kecamatan Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah.

Pria itu merupakan orang tua kandung anak perempuan tersebut. Sementara dari hasil pemeriksaan ternyata pria tersebut mengidap penyakit jiwa. Dan saat ini Oksa Adenan telah diserahkan kepada pihak keluarga.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten video yang berasal dari kanal Youtube putra jaya id masuk ke dalam kategori Konteks yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4733708/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-peristiwa-penculikan-anak

The post [SALAH] Video “viralkan penculik anak bkan hoax tapi nyata” appeared first on TurnBackHoax.ID.

No More Posts Available.

No more pages to load.