[SALAH] WHO Mengatakan Vaksinasi di Seluruh Dunia Harus Dihentikan

by -22 views

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Isi dari video tersebut menyatakan tentang keprihatinan tentang penggunaan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk masuk ke gedung atau tempat umum di Eropa dan tidak ada kaitannya dengan penghentian vaksinasi di seluruh dunia.

= = = =

KATEGORI: misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Tangkapan layar Whatsapp

= = = =

NARASI:

“JUST INFORMASI DARI KANTOR PBB WHO. UNTUK VAKSIN DI SELURUH DUNIA HARUS DI BERHENTIKAN”

= = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah narasi melalui pesan Whatsapp yang mengatakan bahwa terdapat informasi dari WHO dan PBB bahwa vaksinasi akan dihentikan di seluruh dunia. Dalam narasi tersebut juga mencantumkan sebuah video yang diklaim merupakan informasi penghentian vaksinasi oleh PBB dan WHO.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Pihak yang berada dalam video tersebut merupakan anggota Parlemen Eropa. Video tersebut juga tidak membahas penghentian vaksinasi di seluruh dunia, melainkan menyuarakan keprihatinan penggunaan sertifikat vaksin yang dijadikan sebagai syarat untuk memasuki suatu gedung atau tempat umum di Eropa.

Dengan demikian, narasi dalam pesan Whatsapp yang menginformasikan bahwa WHO dan PBB mengumumkan vaksinasi di seluruh dunia akan dihentikan tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

REFERENSI:
https://m.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-tidak-benar-klaim-video-pbb-dan-who-tentang-penghentian-vaksin-di-dunia.html
https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLLEj6N-cek-fakta-informasi-dari-who-vaksin-di-seluruh-dunia-harus-dihentikan-ini-faktanya

Penulis: Nadine Salsabila

Editor: Bentang Febrylian

No More Posts Available.

No more pages to load.