[SALAH] Yahya Waloni Menuai Balasan dari Ucapannya yang Menantang Covid-19 dan Enggan Menggunakan Masker

by -17 views

Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Gambar hasil suntingan/editan. Ditemukan artikel dengan cover serupa pada artikel  rri.co.id berjudul “Yahya Waloni Tolak Kata Muallaf, Kenapa?” diunggah pada 12 Desember 2019 oleh Deni Yusman. Dan pada artikel merdeka.com berjudul “Tingkat Keterisian RS Rujukan Covid-19 di Bandung Hampir Sentuh 100 Persen” diunggah pada 28 Desember 2020 oleh Aksara Bebey.

=======================

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

=======================

Sumber: Facebook

https://archive.vn/cYez8

=======================

Narasi:

“KADRUN SATU INI SEDANG MENUAI BUAH SEMUA UCAPAN / CERAMAHNYA

KUASA ALLAH LBH NYATA ,

DAN DOANYA DI KABULKAN ..

KUN FAYAKUN …KADRUN TDK BISA BERKUTIK ..

MAKASIH YA ALLAH”

=======================

Penjelasan:

Akun Facebook Maya Sinta mengunggah tiga gambar hasil tangkapan layar artikel berita. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa Yahya Waloni menuai balasan dari ucapannya yang menantang Covid-19 dan keengganannya menggunakan masker sehingga ia terinfeksi virus Covid-19 dan meminta doa kepada masyarakat agar sembuh dari sakitnya. Postingan tersebut mendapat 33 reaksi 40 komentar dan 18 kali dibagikan oleh pengguna Facebook lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran, dua dari tiga gambar hasil tangkapan layar yang diunggah oleh akun Facebook Maya Sinta adalah hasil suntingan/editan. Pada gambar yang berjudul “Yahya Waloni: Minta Doa Dari Masyarakat Agar Cepat Sembuh Dari Sakit” ditemukan artikel dengan cover serupa pada artikel rri.co.id berjudul “Yahya Waloni Tolak Kata Muallaf, Kenapa?” diunggah pada 12 Desember 2019 oleh Deni Yusman.

Sementara itu, gambar yang berjudul “Ruang Isolasi Covid-19 Yahya Waloni.Kondisinya Memprihatinkan Tidak Bergerak Sama Sekali.Keluarga Minta Masyarakat Indonesia Untuk Sholat Ghoib.Agar Diberi Kesembuhan” ditemukan artikel dengan cover serupa pada artikel merdeka.com berjudul “Tingkat Keterisian RS Rujukan Covid-19 di Bandung Hampir Sentuh 100 Persen” diunggah pada 28 Desember 2020 oleh Aksara Bebey.

Dengan demikian, dua gambar pada unggahan akun Facebook Maya Sinta merupakan hasil editan dan termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

=======================

Referensi:

https://rri.co.id/lhokseumawe/berita-utama/daerah/757898/yahya-waloni-tolak-kata-muallaf-kenapa

https://www.merdeka.com/peristiwa/tingkat-keterisian-rs-rujukan-covid-19-di-bandung-hampir-sentuh-100-persen.html

Penulis: Konaah

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Yahya Waloni Menuai Balasan dari Ucapannya yang Menantang Covid-19 dan Enggan Menggunakan Masker appeared first on TurnBackHoax.