Sambut Lebaran, Ini Tips dan Resep Ketupat

by -12 views

Jamaninfo, Jakarta: Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim dan sudah menjadi ikon pada saat Lebaran tiba. 

Menu makanan ini berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau kadang-kadang dari daun palem yang lain. Hampir mirip dengan lontong, hanya saja biasanya ketupat lebih banyak disajikan dengan opor ayam, ataupun sayur pepaya. 

Tanpa kehadiran ketupat, rasanya Idul Fitri terasa tidak lengkap. Sebelum mengetahui cara membuat ketupat, simak tips berikut ini:

1. Pilih beras yang berkualitas 

Agar ketupat yang anda buat berhasil, pilih beras berkualitas seperti jenis Rojolele, Pandan Wangi, atau Mentik Spesial. Rendam beras dalam air dingin selama satu jam. 

Pastikan beras bersih dari gabah dan sudah dicuci hingga air beras tak lagi keruh. Jika suka, kamu bisa menambahkan sedikit kapur sirih agar ketupat lebih kenyal.

2. Pilih  kulit ketupat yang bagus

Pilih anyaman ketupat berwarna hijau cerah atau daun kelapa yang masih muda. Hal ini akan membuat beras tidak tumpah saat berada dalam proses masak. 

Daun yang masih segar tidak akan mudah rusak dan patah ketika direbus bersama beras. Ketupat yang akan dihasilkan daun kelapa muda juga akan lebih empuk dan tahan lama. Pastikan anyaman janur juga cukup rapat agar dapat menahan beras.

3. Mengisi dan memasak ketupat

Jika menggunakan beras pulen, ketupat bisa diisi 2/3 bagian karena beras pulen akan mengembang dengan sempurna. Sebaiknya jangan terlalu banyak menaruh beras ke dalam ketupat.

Tuang air panas hingga seluruh air merendam ketupat, lalu masak selama 2-3 jam. Jika air berkurang, tambahkan air panas secukupnya. Anda juga bisa menggunakan panci bertekanan atau pressure cooker agar ketupat lebih cepat matang.

4.  Menyiram ketupat dengan air dingin

Ketika ketupat sudah selesai dimasak, siram ketupat dengan air dingin agar lendir yang menempel pada daun tersingkirkan. Menyiram air dingin juga dapat membuat ketupat lebih tahan lama.

5. Menyimpan ketupat

Metode terbaik dalam menyimpan ketupat ialah dengan menggantungnya. Taruh ketupat di tempat yang berangin dan terbuka agar sisa air rebusan lebih cepat hilang. Anda juga bisa menyimpannya ke dalam kulkas dengan membungkusnya dengan plastik. Lalu kukus kembali untuk menghangatkan ketupat.

Berikut Resepnya: 

Bahan utama:

  • 800 gram beras, cuci bersih yang telah dicuci bersih dan ditiriskan
  • 20 butir ketupat 
  • 3 liter santan kelapa dari 2 butir kelapa ukuran sedang 
  • Garam secukupnya

Cara membuat ketupat lebaran:

  1. Isi setiap ketupat dengan beras, kira-kira 2/3 bagian (beras pulen) atau 1/3 bagian (beras pera).
  2. Siapkan air santan dan garam. Panaskan panci dan masukkan santan kelapa serta garam. 
  3. Masukkan ketupat satu persatu ke dalam panci, pastikan semuanya terendam air dengan baik.
  4. Rebus ketupat ini di atas api sedang selama tiga hingga empat jam. Jika airnya habis selama merebus, tambahkan air panas dan tunggu ketupat hingga matang sempurna.
  5. Sesekali aduk ketupat agar bisa matang merata.
  6. Jika ketupat sudah matang, angkat ketupat, tiriskan dan biarkan ketupat dingin. 
  7. Ketupat siap untuk disajikan.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…