‘Sarapan’ Kontemplasi Menggerakkan Psikologis Anda untuk Memimpin

by -16 views

Jamaninfo, Florida: Memulai hari baru dengan berkontemplasi tentang jenis pemimpin seperti apa yang Anda inginkan, diketahui akan membuat Anda lebih efektif di tempat kerja, menurut sebuah studi baru.

“Ini sesederhana meluangkan waktu beberapa saat di pagi hari saat Anda minum kopi sementara merefleksikan seperti siapa yang Anda inginkan sebagai pemimpin,” kata Remy Jennings, seorang mahasiswa doktoral di Universitas Florida’s Warrington College of Business, yang menulis penelitian ini di jurnal Psikologi Kepegawaian dengan profesor manajemen UF Klodiana Lanaj.

Ketika peserta studi mengikuti langkah itu, mereka lebih cenderung melaporkan membantu rekan kerja dan memberikan visi strategis daripada hari-hari ketika mereka tidak melakukan refleksi di pagi hari. Mereka juga merasa lebih seperti pemimpin pada hari-hari itu, merasakan lebih banyak kekuasaan dan pengaruh di kantor.

Efeknya ini juga meluas ke calon pemimpin.

“Kepemimpinan benar-benar menantang, jadi banyak orang ragu-ragu untuk menangani peran atau tugas kepemimpinan,” kata Lanaj. “Bercermin beberapa menit di pagi hari benar-benar membuat perbedaan.”

Dan tidak seperti diberi tanggung jawab ekstra atau memimpin proyek tim, refleksi pagi berada di bawah kendali karyawan.

“Mereka tidak bergantung pada organisasi mereka untuk memberikan kesempatan formal. Mereka tidak perlu menunggu sampai mereka memiliki gelar yang menyatakan bahwa mereka adalah pemimpin untuk mengambil alih kepemimpinan dalam pekerjaan mereka,” kata Jennings.

Ingin mencoba dorongan kepemimpinan seperti ini di pagi hari? Berikut adalah beberapa saran yang direkomendasikan para peneliti.

1. Apa momen kepemimpinan yang paling Anda banggakan?

2. Kualitas apa yang Anda miliki yang membuat Anda menjadi pemimpin yang baik, atau kemauan di masa depan?

3. Pikirkan tentang siapa yang Anda cita-citakan sebagai seorang pemimpin, lalu bayangkan semuanya telah berjalan sebaik mungkin dalam peran pemimpin ini. Itu terlihat seperti apa?

4. Apa efek yang ingin Anda berikan pada karyawan Anda? Apakah Anda ingin memotivasi mereka? Menginspirasi mereka? Identifikasi dan kembangkan bakat mereka? Keterampilan atau sifat apa yang Anda miliki yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut?

Apakah Anda bosnya atau sedang berproses menaiki tangga itu, “ini adalah alat untuk menjadi lebih efektif di tempat kerja,” kata Lanaj. 

“Hanya beberapa menit dapat sepenuhnya mengubah fokus Anda untuk sisa hari Anda.”

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…