SARBICA Tekankan Pentingnya Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Menyelamatkan arsip penanganan Covid-19, menjadi agenda utama pertemuan tahunan Lembaga Kearsipan se-Asia Tengara di Jakarta 2021. Pertemuan itu merupakan agenda Dewan Arsip Internasional Cabang Regional Asia Tenggara (SARBICA), dengan tema “Menjaga Arsip: Memori, Pandemi, dan Teknologi”.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana KemenPAN-RB Rini Widyantini mengatakan, terbatasnya pengetahuan yang memadai untuk menghadapi pandemi Covid-19 mendorong pemerintah melakukan inovasi, terutama menyusun kebijakan dan pelayanan kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Seluruh upaya pemerintah dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19, terekam dalam berbagai kebijakan dan kegiatan yang dilakukan Kementerian/Lembaga,” kata Rini Widyanini ketika membuka pertemuan pakar arsip di Gedung Arsip Nasional Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Menurut Rini, arsip kebijakan pemerintah dan kegiatan yang dihasilkan harus dikelola dengan berbasis teknologi informasi, sehingga dapat sebagai bahan evaluasi kebijakan di masa mendatang dan diwariskan kepada generasi selanjutnya. 

Sementara itu, Kepala Anri Imam Gunarto menjelaskan, pertemuan 10 Kepala Arsip se-Asia Tenggara ini merupakan ajang saling belajar menyelamatkan arsip pandemi dengan membuat portal bersama, yaitu berkaitan dengan peran arsip sebagai warisan dokumenter dunia, respon terhadap pandemi dan memanfaatkan teknologi. 

“Ke depan arsip ini menjadi memori kolektif dunia yang bisa dijadikan pembelajaran bagi generasi mendatang. Kontribusi seluruh negara dalam menghadapi pandemi pun bisa dibagikan sebagai arsip bersama, seperti halnya arsip tsunami di Aceh yang dibagikan oleh beberapa negara termasuk Indonesia,” ucap Imam Gunarto.

Selain seminar internasional, ANRI mewakili Indonesia juga menjadi tuan rumah pertemuan pimpiman lembaga kearsipan di wilayah Asia Tenggara.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.