Tanggap Darurat Covid-19 Diperpanjang, Pemkot Yogyakarta Siapkan Program Jogja untuk Jogja

by -10 views
Berita Terkini

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Tanggap darurat Covid-19 di Yogyakarta diperpanjang hingga akhir Juli. Masa perpanjangan ini akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mempersiapkan program Jogja untuk Jogja.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menegaskan bahwa persiapan ini meliputi seluruh aspek dari mulai aspek masyarakat hingga fasilitas-fasilitas umum terutama fasilitas yang digunakan untuk berkumpul masyarakat.

“Bulan Juli ini kita siapkan masyarakat, bukan hanya masyarakatnya saja tetapi seluruh fasilitas-fasilitas umum atau tempat berkumpulnya masyarakat baik itu pada lembaga ekonomi, sosial hingga pasar,” terang Heroe, Selasa (30/6/2020).

Heroe menerangkan selain mempersiapkan fasilitas umum agar dapat menjalankan protokol kesehatan secara benar, dirinya juga akan melakukan verifikasi untuk memastikan protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik.

“Bulan Juli adalah bulan untuk semua sudah siap protokol Covid di seluruh instansi pemerintah, swasta maupun pasar. Kami juga melakukan uji coba di berbagai lokasi seperti di taman pintar,” imbuhnya.

Setelah dilakukan uji coba, Heroe menambahkan, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi pada lokasi yang dilakukan uji coba. Ia mengharapkan setelah berbagai proses yang dilalui maka program Jogja untuk Jogja dapat dijalankan.

Diakui Heroe, artinya seperti destinasi wisata di Yogyakarta untuk warga Jogja dalam arti bagaimana nanti mau tidak mau pihaknya membuat uji coba untuk pemulihan ekonomi, tentu saja kesehatan tetap berjalan.

“Kita ingin kondisikan masyarakat agar terbiasa dengan protokol Covid-19 dimanapun berada,” ucapnya.

Heroe berharap pada bulan Juli bisa dilakukan untuk persiapan new normal oleh Pemkot Yogyakarta, aktivitas sosial, ekonomi, peribadatan secara bertahap akan mulai dilonggarkan. (*)

Selengkapnya…