Terima Booster Vaksin, Kenali Efek Samping Setelahnya

by -21 views

Jamaninfo, Jakarta: Pemerintah telah memulai program vaksinasi lanjutan (booster) untuk masyarakat umum pada Rabu (12/1/2022) kemarin.

Berbagai persiapan dan koordinasi telah dilakukan guna memastikan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster berjalan lancar.

Vaksin booster diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia serta diperuntukkan bagi yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan. 

Kelompok prioritas penerima vaksin booster adalah orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais. Namun apakah anda mengetahui efek samping setelah mendapatkan vaksin. 

Mungkin hampir sama dengan sebelumnya, berikut ini beberapa efek samping ringan yang paling umum terjadi setelah vaksinasi COVID-19, dirangkum dari :

1. Merah, Bengkak dan Nyeri pada Area Suntikan

Area lengan atas yang menjadi tempat disuntikkannya vaksin bisa mengalami kemerahan, bengkak, dan nyeri, selama beberapa hari setelah divaksin. Ini wajar dan sangat umum dialami.

Untuk meredakannya, kamu bisa mengompres area suntikan dengan handuk yang dicelup ke air es. Selain itu, lakukan juga gerakan peregangan ringan di area lengan. 

2. Demam

Demam juga merupakan efek samping yang umum dialami setelah vaksinasi COVID-19. Efek ini sebenarnya normal, karena menjadi tanda bahwa tubuh sedang bekerja membentuk kekebalan.

3. Sakit Kepala dan Nyeri Otot

Selain demam, banyak orang yang juga mengeluhkan sakit kepala dan nyeri otot setelah divaksinasi COVID-19. Biasanya, efek ini akan hilang beberapa hari setelahnya. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bisa membantu.

4. Kelelahan

Tubuh jadi terasa lelah setelah divaksin COVID-19? Kabar baiknya, ini adalah efek samping yang wajar terjadi dan juga jadi tanda bahwa kekebalan tubuh bekerja membentuk antibodi.

Itulah beberapa efek samping setelah vaksin COVID-19 yang umum terjadi. Tidak perlu panik saat mengalaminya. Anda hanya perlu perbanyak minum air putih, makan makanan bergizi seimbang, dan istirahat yang cukup. 

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.