Terjadi di NTT, Apa Itu Siklon Seroja?

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Siklon tropis seroja melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan meninggalkan banyak dampak yang luar biasa.

Apa itu Siklon Tropis Seroja?

Siklon Tropis Seroja adalah sebuah siklon tropis yang mulai terbentuk di selatan Nusa Tenggara Timur, Indonesia, pada 3 April 2021. Siklon ini menyebabkan banjir di beberapa wilayah Nusa Tenggara, Indonesia dan Timor Leste.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 4-6 meter yang berpeluang terjadi di perairan barat Lampung, Selat Sunda, bagian selatan Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Pulau Sawu, Kupang, dan Pulau Rote.

Daerah pesisir Aceh, Mentawai, Bengkulu, Jawa Tengah, Pulau Sumba, Selat Bali, Selat Lombok, dan Selat Alas juga berpotensi mendapat gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter.

Siklon Seroja merupakan siklon ketujuh dalam musim siklon wilayah Australia 2020-2021 dan satu-satunya yang hingga kini menyebabkan korban jiwa.

Saat masih menjadi sistem tekanan rendah, Seroja mengakibatkan curah hujan tinggi dan badai petir di Nusa Tenggara Timur. Di Kabupaten Flores Timur, 14 desa diterjang banjir bandang akibat limpasan dan material dari Gunung Lewotolo.

Pada 4 April 2021, 41 orang terkonfirmasi meninggal dunia, 9 mengalami luka berat, dan 27 orang hilang akibat aliran lumpur yang menenggelamkan rumah dan menghancurkan jembatan penghubung antara Pulau Flores dan Pulau Adonara. 

Jalan Trans Timor terendam dan memutus jalur antarkabupaten.Sebuah jembatan yang menghubungkan Kota Kupang dan Kabupaten Malaka juga hancur.

Banjir bandang di Terminal Becora, Dili, Timor Leste Hingga, 5 April pukul 05:00 WITA (04.00 WIB), 67 orang dilaporkan tewas. 

Tingginya korban tewas diduga akibat kebanyakan orang sedang tidur saat siklon memasuki daratan. Empat truk bahan bakar Pertamina dilaporkan rusak. Dampak siklon ini juga dirasakan hingga Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, menyebabkan 27.000 orang terdampak banjir.

Di Timor Leste, 3 orang tewas akibat tanah longsor, termasuk seorang balita berusia dua tahun. Delapan orang juga dilaporkan tewas di Dili, ibukota Timor Leste.

Siklon menyebabkan pemadaman listrik di seluruh wilayah Timor Leste dan merusak kediaman presiden.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…