THR PNS Pasti, Bagaimana Nasib THR Buruh?

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparat Sipil Negara (ASN), pada tahun ini, gaji Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 akan diberikan tanpa potongan atau full.

Sementara, Skema pembayaran THR untuk pekerja atau buruh masih dibahas Kementerian Ketenagakerjaan dengan melibatkan Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) dan Tripartit Nasional (Tripnas).

Baca Juga: THR ASN Diberikan Tanpa Potongan

Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Timboel Siregar meminta, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk memperbaiki kualitas peran pengawas ketenagakerjaan, dalam hal ini terkait THR para pekerja.

Pasalnya, menurut Timboel, untuk pembayaran THR 2020 saja, tidak sedikit pekerja yang belum mendapatkan haknya. Kondisi ini sedikit banyak disebabkan lemahnya pengawasan dari Kemenaker.

“Pengawas ketenagakerjaan harus bersikap proaktif, jangan lagi pasif menunggu di belakang meja,” kata Timboel kepada RRI.co.id, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Catat Jadwalnya, THR PNS Segera Ditransfer

Timboel meminta, Kemenaker segera menilai kondisi perusahaan di sejumlah sektor yang arus kasnya memang terdampak. 

Dari penilaian ini, kata dia, selanjutnya bisa dikomunikasikan dengan kalangan pekerja. Keputusan pembayaran THR pun nantinya bisa dituangkan dalam sebuah perjanjian bersama.

“Dengan adanya perjanjian bersama ini maka pengawas ketenagakerjaan terus memantau dan memastikan skema pembayaran THR benar-benar dilaksanakan oleh pengusaha. Bila pengusaha melanggar perjanjian tersebut maka pengawas ketenagakerjaan harus tegas dan segera memprosesnya secara hukum.,” katanya.

Sementara, ketika disingung THR PNS yang sudah mendapatkan kepastian dari pemerintah, ia mengatakan, bahwa THR PNS sudah ditanggung dengan APBN.

“Jadi pemerintah harus juga memikirkan THR bagi para pekerja, jangan sampai tidak ada kepastian. Karena THR ini sudah menjadi kewajiban para perusahaan,” tegasnya.

Diketahui, pemerintah tengah membahas tentang Tunjangan Hari Raya (THR) 2021 bagi Aparat Sipil Negara (ASN) tanpa potongan.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan, saat ini pihaknya masih membahas skema pemberian THR PNS.

“RPP (rancangan Peraturan Pemerintah) nya sedang dibahas,” kata Isa kepada wartawan, Selasa (6/4/2021).

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…