Tiga Bulan, Pelintas di PLBN Entikong 6.251 Orang

by -12 views

Jamaninfo, Entikong: Jumlah pelintas yang masuk melalui jalur perbatasan Entikong menjelang Ramadhan meningkat. Tren data pelintas di Pintu Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, sejak Januari hingga Maret di atas 1.000 lebih bahkan melampaui angka 200 pelintas.

“Kami di kantor kelas II TPI Entikong Terus memantau aktivitas pelintas terutama di Pintu kedatangan Tempat Pemeriksaan Imigrasi PLBN Entikong. Pengawasan terkait dengan kedatangan pekerja migran Indonesia dari Malaysia lewat PLBN Entikong terpantau menjelang ramadhan ini, data yang kami dapat adanya kenaikan sekitar 20 persen,” ungkap Pelaksana Tugas Kepala kantor Imigrasi kelas II TPI Entikong, Muhammad Nur Mansyur, Kamis (8/4/2021). 

Sementara dari data perlintasan di PLBN Entikong dan Pos Tradisional Pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi Entikong lanjut Mansyur, masing-masing pada Januari sebanyak 1.735 pelintas. Pada Februari, jumlah pelintas bertambah total mencapai 1.850 pelintas. Memasuki akhir Maret atau mendekati Ramadhan, jumlah pelintas melonjak hingga mencapai 2.666 orang. 

“Total Pelintas atau warga negara yang kembali ke tanah air melalui PLBN Entikong dalam tiga bulan terakhir mencapai 6.251 pelintas,” terang Mansyur.

Ia menjelaskan, jumlah pelintas tersebut belum termasuk Warga Negara Indonesia deportasi. Dimana sampai Maret 2021, total sudah 1.005 orang deportan yang tercatat dalam data pelintas Imigrasi TPI Entikong. 

“Pemeriksaan data lengkap di terapkan bagi setiap pelintas, tidak hanya WNI yang masuk melalui jalur resmi Perbatasan Entikong Indonesia dengan Tebedu Malaysia. Pelayanan di pintu kedatangan dan keberangkatan TPI PLBN Entikong, di pastikan mengikuti ketentuan protokol kesehatan,” pungkas Mansyur.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…