Tindak KKB, Polri Gunakan UU Terorisme

by -14 views

Jamaninfo, Jakarta: Polri menegaskan untuk tetap menggunakan Undang-Undang Terorisme dalam menindak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) setelah pemerintah telah resmi menyatakannya sebagai bagian dari teroris. Polri juga menyebut penindakan itu menyesuaikan dengan proses pengejaran yang saat ini tengah dikaji.

 “Kalau sudah digolongkan ke kelompok itu (teroris), pasti ditindak dengan Undang-Undang Terorisme,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: KKB Papua Kembali Bakar Gedung Sekolah

Rusdi menyatakan, beberapa kelompok KKB di Papua telah teridentifikasi. Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi telah memiliki pemetaan yang baik atas seluruh KKB, sehingga penindakan dipastikan tidak akan salah sasaran. 

“Sudah ada beberapa kelompok yang teridentifikasi,” ucap Rusdi.

Sebelumnya, Menteri Polhukam Mahfud MD mengumumkan KKB masuk dalam kategori teroris. Para anggota KKB pun akan masuk dalam DPO teroris.

Mahfud menyatakan, Polri, BIN dan TNI telah diinstruksikan untuk melakukan tindakan tegas dan terukur menurut hukum. Namun, dia tetap berpesan jangan sampai menyasar masyarakat sipil di Papua.

Sebagian pihak berpandangan pelabelan teroris pada KKB akan mengancam keseamatan masyarakat Papua. Belakangan, OPM mendeklarasikan bakal menyisir masyarakat pendatang di wilayah pesisir.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…