TOL LAUT 2021. Jailolo (Trayek T-15) Surplus Muatan Balik, Didominasi Kopra

by -66 views

JMOL. Pelabuhan Matui Jailolo, Halmahera Barat, Maluku tidak pernah sepi. Jailolo termasuk dalam trayek T-15, dan baru beroperasi awal tahun 2020. Jaringan rutenya adalah Tg. Perak – Makassar – Jailolo – Morotai (Daruba) – Tg. Perak. Dilayani KM Logistik Nusantara 3 (105 TEU) dengan operator PT PELNI.

Jika trayek lain umumnya mengalami defisit muatan balik, trayek T-15 kebalikannya. Pada tahun 2020, muatan berangkat tercatat 987 TEU, sementara muatan baliknya lebih besar, 1239 TEU. Kargo terbanyak dari daerah tersebut adalah kopra.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Jailolo, B Wisnu Sentyaki mengatakan Tol Laut sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat dan pengusaha lokal. Terutama pengusaha kopra.

“Kargo paling banyak adalah kopra. Saat ini saja, dari total muatan balik 35 kontainer, 29 adalah kopra, komoditas lainnya seperti pala dan cengkeh, buah kelapa, arang, ikan, dan cumi masing-masing 1 kontainer. Seluruhnya menuju Pulau Jawa,” kata Wisnu, Selasa (30/3).

Selain kopra, komoditi lain yang merupakan unggulan adalah hasil perikanan, terutama cumi yang banyak di sekitar Halmahera Barat. Cumi segar Jailolo kini sudah masuk ke dalam program prioritas Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

Wisnu mengatakan Tol Laut memberi dampak penurunan disparitas harga, terutama untuk bahan baku industri.

“Pengusaha lokal sangat mendukung, karena bahan baku dan lain-lain yang sebelumnya diambil dari Ternate, kini dengan adanya Tol Laut, belanja sudah tidak perlu ke Ternate lagi. Jadi lebih murah,” ujarnya.

“Sembako seperti beras, gula dan lain-lain selalu habis. Ada juga yang didrop atau dikirim ke Kecamatan Ibu, Jailolo Selatan yang berjarak 90 menit perjalanan,” ujarnya.

Bahan baku material juga cukup laris. Bahan bangunan seperti triplek, seng, besi ini juga cepat habis dan sudah langsung dibawa ke toko masing-masing. Kata Wisnu.

Pebisnis di Surabaya dan Makassar nampaknya perlu memanfaatkan informasi permintaan bapokting yang tinggi dari Jailolo. [AS]

Baca Selengkapnya..