Wapres: Vaksinasi Covid-19 di MUI Gunakan AstraZeneca

by -7 views

Jamaninfo, Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin, menyaksikan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, Jakarta, rabu (7/4/2021).

Kata Ma’ruf, vaksinasi keempat di MUI ini istimewa, karena menggunakan vaksin AstraZeneca buata Inggris.

“Hari ini saya ikut menyaksikan vaksinasi di Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, ini yang keempat. Istimewanya, vaksinasi yang keempat ini menggunakan vaksin AstraZeneca. Kenapa itu menjadi istimewa karena memang masalah ini jadi persoalan yang cukup hangat,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangannya yang disiarkan Youtube Wakil Presiden, Rabu (7/4/2021).

Menurut Ma’ruf, sesuai dengan pandangan dan keputusan MUI terkait dibolehkannya vaksin AstraZeneca meski ada suatu unsur bahan yang haram, maka jangan lagi persoalkan halal atau haram, melainkan boleh atau tidak.

“Majelis Ulama sesuai dengan pandangan dan keputusannya bahwa AstraZeneca walaupun ada persoalan dalam bahannya, ada suatu yang haram tapi dinyatakan boleh digunakan. Karena itu, maka yang kita persoalkan jangan lagi bicara soal halal atau haram, tapi boleh atau tidak boleh,” sebutnya.

Guna memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat, maka vaksinasi MUI pusat kali ini menggunakan vaksin AstraZeneca.

“Supaya tidak ada keraguan jadi masyarakat tidak perlu ragu menggunakannya dari segi kebolehannya menurut pandangan kegamaan oleh MUI,” lanjutnya.

“Karena itu mungkin ini akan terus dianjurkan ke MUI-MUI di daerah provinsi maupun kabupaten/kota¬† sehingga tidak perlu ada keraguan (menggunakan vaksin AstraZeneca),” kata Ma’ruf.

Ma’ruf menyebut, bagi MUI vaksinasi itu sudah menjadi suatu kewajiban atau fardu kifayah. Hal itu guna mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) sebanyak 70 persen dari populasi sesuai target pemerintah.

Dengan demikian, vaksinasi hukumnya menjadi wajib selama target 70 persen dari populasi atau sekitar 181.5 juta penduduk belum divaksin.

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…