Warga Mampu Tak Miliki Septictank, Sanksi Menanti

by -15 views

Jamaninfo, Jakarta: Pemerintah Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur akan memberi peringatan bagi warga di wilayahnya yang mampu untuk membuat septictank. Jika masih tidak membuat septictank, barulah warga akan di berikan sanksi berupa penyumbatan saluran pembuangannya.

“Jika ada warga yang mampu namun tidak membuat akan kami tutup salurannya, dengan memberikan teguran SP 1 , SP 2, SP 3, jika masih belum membuat baru akan kami sumbat salurannya,” tegas Camat Ciracas, Jakarta Timur, Mamat kepada RRI.co.id, Kamis (25/11/2021).

Camat Ciracas berharap jika pemberian sanksi akan terlalu kasar, maka warga harus lebih memahami dari sisi kesehatan.

Untuk itu, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan edukasi kepada warga.

“Tim yang akan turun tidak hanya dari kelurahan namun juga dari pihak puskesmas, agar dapat menyampaikan edukasi tentang bahaya membuang limbah kotoran ke saluran kepada warga kecamatan Ciracas,” jelasnya.

Diketahui, sekiranya masih ada 414 rumah lagi di Kecamatan Ciracas yang masih belum memiliki septictank, yang terbagi dari 5 kelurahan, diantaranya ada di Kelurahan Kelapa Dua Wetan 61 rumah, Kelurahan Rambutan 262 rumah, Kelurahan Ciracas 31 rumah, Kelurahan Susukan 23 rumah dan Kelurahan Cibubur 37 rumah.

Pihak pemkot kecamatan ciracas akan mendata mana saja rumah yang mampu dan tidak mampu untuk membuat septictank, untuk keluarga yang kurang mampu pihak kecamatan akan memberikan bantuan bersama dengan tim creative-nya untuk membuatkan septictank tersebut.

“Kami memiliki tim crative ciracas yang mengerjakan, dimana tim creative ini okumoulan orang – orang yang jiwa sosialnya tinggi, membatu keluarga yg kurang mampu dari kas, kumpulan uang dari orang – orang yang peduli,” sebutnya.

Dijelaskan rumah bantaran saluran air yang tanpa septictank, dan  membuang tinja langsung ke saluran air, hal ini dapat merusak lingkungan dan membuat lingkungan yang kurang sehat.

Maka dari itu pihak Camat Ciracas memberikan imbauan kepada setiap kelurahan dan warga untuk dapat merapihkan saluran pembuangan tersebut. (imr)

Sumber : rri.co.idBerita Selengkapnya…

No More Posts Available.

No more pages to load.