Wednesday , December 11 2019
Home / Energi / Investasi Sektor ESDM Ditarget 5% dari PDB

Investasi Sektor ESDM Ditarget 5% dari PDB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkomitmen untuk merealisasikan target investasi di tahun 2018 sebesar USD 50,96 miliar atau mencapai 5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang diproyeksikan sekitar USD 1 triliun.

Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan pertemuan dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero), PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, serta Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), Independent Power Producer (IPP) subsektor ketenagalistrikan, dan IPP subsektor Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi.

Arcandra mengungkapkan bahwa Kementerian ESDM bersama Badan Usaha sektor ESDM berkomitmen untuk merealisasikan target investasi di tahun 2018 tersebut.

“Kita akan berkomitmen investasi tahun ini di sektor ESDM itu 50,96 miliar Dolar AS. Dari 51 miliar tersebut, siapa saja yang berkontribusi, ada sektor minyak dan gas bumi (migas), ketenagalistrikan, mineral dan batubara, serta EBTKE,” ujarnya.

Arcandra juga memastikan komitmen dari Badan Usaha untuk berinvestasi di tahun 2018.

“Hari ini kita panggil 3 sektor, EBTKE, ketenagalistrikan, dan migas. Ini kan baru bulan kedua, bulan-bulan selanjutnya akan kita panggil lagi. Tadi masing-masing saya tanya, satu-satu saya tanya komitmen mereka. Nah, dari komitmen itu saya lihat kemajuannya seperti apa. Dua atau 3 bulan lagi kami panggil, sesuai atau tidak realisasinya,” imbuhnya.

Investasi di sektor ESDM pada tahun 2018 ditargetkan sebesar 50,96 miliar dolar AS. Jumlah tersebut naik hampir 2 kali lipat dibanding tahun 2017 (26,7 miliar dolar AS).

Subsektor ketenagalistrikan menjadi yang terbesar dalam menyumbang investasi di tahun 2018, yakni mencapai 24,88 miliar dolar AS. Diikuti dengan subsektor migas (16,76 miliar dolar AS), minerba (7,31 miliar dolar AS), dan EBTKE (2,01 miliar dolar AS).

 

Sumber: www.esdm.go.id

Editor: Hendri Kurniawan

About redaksi

Check Also

Elnusa

Gandeng Schlumberger, Elnusa Perkuat Lini Servis Hulu Migas

JamanInfo.com– PT Elnusa Tbk (Elnusa), perkuat kolaborasi dengan Schlumberger Indonesia (Schlumberger) untuk perkuat lini servis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *