Sunday , June 26 2022
Home / Nasional / Jadi Anggota DK PBB, Presiden: Peran Indonesia di Tingkat Global Akan Meningkat

Jadi Anggota DK PBB, Presiden: Peran Indonesia di Tingkat Global Akan Meningkat

Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020 sebagai perwakilan Asia-Pasifik pada Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Jumat (8/6).

Berkaitan dengan hal itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB akan meningkatkan peran Indonesia di tingkatan global.

“Amanah masyarakat internasional kepada Indonesia ini akan kita jalankan sebaik-baiknya untuk memberi kontribusi nyata bagi perdamaian, kemanusiaan dan kesejahteraan di kawasan dan global,” kata Presiden melalui fanpage facebook-nya, yang diunggah Sabtu (9/6).

Menurut Presiden, terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB adalah cerminan penghargaan masyarakat internasional terhadap rekam jejak Indonesia, dan melihat demokrasi dan toleransi di Indonesia sebagai aset untuk Indonesia dapat berperan aktif di DK PBB.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Sidang Majelis Umum PBB, Jumat (8/6) malam WIB, Indonesia didukung 144 suara dari 190 negara anggota PBB yang hadir.

Dukungan ini melebihi 2/3 dari anggota PBB, dan sekaligus meninggalkan jauh Maladewa yang hanya meraih 46 suara untuk mewakili negara-negara Asia Pasifik di Dewan Keamanan PBB.

 

Sumber: http://setkab.go.id

Editor: Eko “Gajah”

About redaksi

Check Also

Perjuangan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Sampai ke Istana Presiden

Jamaninfo.com, Jakarta – Puluhan masyarakat adat Buay Mencurung Mesuji Lampung mendatangi istana untuk menyampaikan aspirasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.