Home Energi Kampanyekan #LawanHoax Harga BBM, Kementerian ESDM Turun ke Jalan

Kampanyekan #LawanHoax Harga BBM, Kementerian ESDM Turun ke Jalan

34
0
SHARE
Sumber foto: www.esdm.go.id

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pertambangan dan Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan aksi turun ke jalan di Car Free Day seputar Jalan Thamrin Jakarta, untuk memberikan sosialisasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) secara langsung kepada masyarakat, Minggu (16/9).

“Harga BBM naik, itu tidak benar, itu HOAX, Pemerintah tidak menaikkan harga BBM, Pemerintah tetap memberikan subsidi BBM kepada masyarakat agar harganya terjangkau,” ujar Kepala Bagian Komunikasi dan Layanan Informasi Publik, Ariana Soemanto memimpin kampanye #LawanHOAX Kementerian ESDM tersebut.

Beredarnya berita bohong (HOAX) terkait kenaikan harga BBM melalui media sosial seringkali memicu keresahan masyarakat. Beberapa waktu lalu beredar informasi melalui media sosial bahwa Pemerintah akan menaikkan harga BBM jenis premium, pertalite, pertamax, bio solar dan dexlite dengan catatan dibawahnya agar informasi itu disebarluaskan kepada teman, keluarga dan masyarakat.

“Kunjungi, dan jadilah follower akun-akun resmi Kementerian ESDM untuk mendapatkan informasi yang benar,”tandas Ariana.

Dalam kampanye tersebut, Kementerian ESDM menyampaikan fakta dan data terkini terkait harga BBM nasional. “Harga BBM jenis Solar dan Premium bahkan tidak pernah naik sejak 2016. Sekarang harganya dijual di bawah harga keekonomian untuk melindungi daya beli masyarakat kurang mampu. Kalau Premium harga keekonomiannya per liter Rp 9.500 dijual di SPBU Rp 6.450. Sedangkan Solar saat ini dijual Rp 5.50 per liternya dari harga keekonomian Rp 8.150,” jelas Ariana.

Aksi turun ke jalan ini merupakan salah satu dari beberapa upaya yang dilakukan Kementerian ESDM untuk menangkal berita HOAX.

Selain turun ke jalan, dilakukan pula penyebaran informasi kepada masyarakat melalui kanal-kanal informasi yang dimiliki Kementerian ESDM (website, twitter, facebook, LINE dan instagram), serta membuat leaflet dan brosur yang berisi informasi terkait harga BBM.

 

Sumber: www.esdm.go.id

Editor: Eko “Gajah”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here